PT Pertamina Hulu Indonesia, Region 3 Tanjung Field melaksanakan pelatihan “Pembuatan Probiotik untuk Budidaya Perikanan” bagi Kelompok mitra binaan PERISAKTI dan masyarakat Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong.

Pelatihan budidaya perikanana ini bagian program Corporate Social Responsibility 2021 Tanjung Field dilaksanakan di Gedung Mutiara Patra, Senin ( 7/6).

 Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat peserta pelatihan maupun dan tamu undangan diwajibkan mencuci tangan dan dicek suhu tubuh oleh petugas medis.

Camat Murung Pudak diwakili Pejabat Sementara Kepala Desa Kapar Markuni menyampaikan apresiasi kepada PT PHI Region 3 Tanjung Field yang menginisiasi pelatihan budidaya perikanan bagi mitra binaan melalui program Perisakti .

"Saya berharap program CSR yang melibatkan masyarakat ring satu bisa lebih banyak," ungkap Markuni.

 Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong Mohamad Mugeni dan berharap program ini dapat terus dikembangkan dengan mengolah hasil pasca panen budidaya ikan bioflok menjadi oleh - oleh khas Tabalong.

Manajer Tanjung Field Sigid Setiawan saat membuka pelatihan menyampaikan program ini bisa berkelanjutan dan lebih banyak masyarakat yang tertarik dengan budidaya ikan bioflok melalui program Perisakti.

 “Program Perisakti merupakan program CSR bidang lingkungan yang menerapkan konsep Zero Waste dimana air sisa buangan bioflok dapat digunakan sebagai tambahan nutrisi organik pada tanaman," jelas Sigid.

Selain itu program ini diharapkan dapat menjadi fasilitas edukasi masyarakat Tabalong khususnya Desa Kapar dalam budidaya perikanan dengan sistem bioflok.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021