Bupati Tapin HM Arifin Arpan memberikan penghargaan untuk enam Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kabupaten Tapin yang berhasil menciptakan inovasi pelayanan publik terbaik.

Penyerahan penghargaan itu diberikan pada Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Tapin Tahun 2021 di Aula Bappelitbang Kabupaten Tapin.

Bupati Tapin, HM Arifin Arpan di Rantau, Rabu, mengatakan lomba inovasi daerah itu agar memacu kebaruan dalam tata kelola pemerintahan sehingga dapat meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan daya saing daerah.

“Kebaharuan inovasi ini diharapkan dapat direplikasi dan dimanfaatkan, sehingga berdampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tapin," ujarnya saat sambutan.

Arifin Arpan mengatakan inovasi ini merupakan suatu yang sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintah daerah, salah satunya meningkatkan kualitas dan kinerja di mata publik.

Dia menjelaskan, adanya inovasi terbaik yang telah dimunculkan ini, semua SOPD Lingkup Tapin bisa lebih banyak lagi membuat inovasi-inovasi lainnya yang jauh lebih kreatif  dan mutakhir dari tahun sebelumnya.

“Semoga dengan adanya lomba inovasi daerah ini, dapat memicu kebaharuan dan kemudahan dalam penyelenggaraan pemerintah daerah," harapnya.

Adapun enam SOPD terbaik yang diberikan penghargaan oleh Bupati Tapin diantaranya : Terbaik I didapatkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  dengan inovasi  Dekdekan Corona, terbaik II Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tapin dengan  inovasi Pelayanan Datu Kabul, terbaik III UPTD Puskesmas Bakarangan dengan inovasi Asinan Pedas.

Selanjutnya Harapan I oleh Diskominfo melalui inovasinya Menjamur Smart City Kabupaten Tapin, Harapan II UPTD Puskesmas Banua Padang dengan inovasi PHBS Squad, Harapan III UPTD Puskesmas Margasari dengan inovasi TT WUS Berprestasi dan SP3K.

Kepala Bappelitbang Tapin  Zainal Aqli mengatakan, tujuan diadakannya penganugerahan penghargaan inovasi daerah adalah dalam rangka untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah dan mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

“Dengan adanya inovasi ini, pemerintah daerah dapat memberikan pelayanan publik yang cepat efesien kepada masyarakat di masing-masing satuan perangkat daerah," pintanya.

Dia mengatakan, penilaian terhadap enam terbaik sudah dilakukan sebelumnya yang dinilai oleh tim juri dari berbagai kalangan yang sudah professional khususnya dalam pelayanan publik.

Zainal mengatakan enam terbaik inovasi SOPD Pemerintah Kabupaten Tapin itu akan diikut sertakan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (SINOVIK) Kementrian PAN RB RI.

“Mudah-mudahan dari sekian inovasi yang telah dibuat ini, Pemeirntah Kabupaten Tapin bisa masuk dalam kompetensi SINOVIK Kemetrian PAN RB,” harapnya.

 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021