Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - sebanyak 3.193 siswa sekolah menengah atas dan sederajat Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, siap mengikuti ujian nasional yang dilaksanakan serentak pada 13-15 April 2015.


"Seluruh siswa SMA dan sederajat peserta UN sudah siap ikut ujian," ujar Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendididikan Kota Banjarbaru, Fathus Syar`i di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan, tiga ribu lebih calon peserta UN tingkat sekolah menengah atas dan sederajat itu sudah disiapkan mengikuti ujian melalui ujicoba atau try out ujian sebanyak dua kali.

Disebutkan, ujicoba dengan materi kisi-kisi ujian yang pertama digelar Dinas Pendidikan Kalsel dan kedua adalah ujicoba UN yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Banjarbaru.

"Hasil ujicoba UN sebanyak dua kali itu cukup bagus sehingga kami sangat optimistis hasil UN sebenarnya yang diraih seluruh peserta ujian juga akan bagus," ungkapnya.

Menurut dia, selain ujicoba yang dilaksanakan dua kali, setiap sekolah juga menambah jam pelajaran bagi siswa sebagai persiapan mengikuti UN yang dilaksanakan empat hari.

"Siswa mendapat bimbingan dan pengayaan berupa bahan-bahan yang berkaitan dengan meteri ujian sehingga mereka bisa menghadapi ujian sebenarnya," ujar dia.

Dikatakan, UN tahun ini berbeda dengan sebelumnya karena tidak menjadi penentu bagi kelulusan siswa mengingat kelulusan diserahkan kepada sekolah masing-masing.

"Meski bukan sebagai penentu kelulusan, tetapi kami harapkan setiap siswa mengikuti ujian sungguh-sungguh sehingga hasil yang dicapai bagus," ujarnya.

Ditambahkan, hasil ujian siswa akan dijadikan standar penyerapan mata pelajaran sekolah baik tingkat nasional, provinsi hingga kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

"Makanya, kami berharap seluruh siswa mengikuti ujian secara sungguh-sungguh agar hasilnya bagus dan mencapai standar yang ditetapkan," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015