Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) H M Noor mengikuti secara virtual pra evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) tahun anggaran 2020, bertempat di ruang kerjanya.

Ia mengatakan, berharap dengan adanya kegiatan ini jajaran terkait yang secara langsung mengikuti pra evaluasi bisa lebih mengerti, lebih paham, dan pada akhirnya nanti diharapkan laporan LPPD HSS bisa maksimal sesuai dengan aturan, dan mendapatkan evaluasi yang terbaik dan lebih baik dari tahun 2019.

"Ini adalah hal baru yang perlu dipelajari bersama terutama tentang capaian kinerja makro yang meliputi IPM, angka kemiskinan, angka pengangguran, pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita dan ketimpangan pendapatan, capaian indikator kinerja kunci outcome dan capaian kinerja SPM," katanya, dalam keterangan, Senin (14/6).

Baca juga: Kelurahan Kandangan Kota dan Sungai Kupang wakili HSS lomba desa

Dijelaskan dia, di mana ketiga capaian ini yang merupakan inti dari laporan LPPD itu sendiri, maka dengan adanya pra evaluasi LPPD ini, LPPD HSS tahun 2020 bisa sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan hasil evaluasinya nanti sesuai dengan yang diharapkan sebagaimana hasil LPPD tahun sebelumnya.

Ini juga bagian dari upaya Kabupaten HSS untuk terus memperbaiki laporan LPPD tahun 2020, serta ada beberapa penyesuaian yang harus dilakukan terkait dengan materi dan sistematika dari LPPD.

Ada data-data yang ada di dalam LPPD itu diserahkan ke semua lembaga kementerian di tingkat pusat, ini menjadi data untuk kebijakan-kebijakan mereka dan sangat penting sekali data-data informasi yang ada dalam LPPD ini, sehingga apapun kondisi LPPD HSS mungkin akan berdampak nanti dengan kebijakan pemerintah pusat terhadap pemerintah daerah.

Baca juga: Peringatan Hari donor darah sedunia, PMI HSS launching aplikasi "Si Berkah"

"Mudah-mudahan untuk HSS bisa lebih baik lagi, sehingga tidak ada dampak negatif nanti pada saat kebijakan-kebijakan pusat dikeluarkan untuk daerah," katanya.

Kegiatan ini dilaksanakan Kantor Perhubungan Kalsel yang berlokasi di Jakarta, dihadiri Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Ditjen Otda, Kemendagri Akbar Ali, Kasubdit Evaluasi Kinerja Wilayah I Direktorat EKPKD, Paebuadodo Hia.

Juga dari Tim Evaluator dari Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Fortunata Retno, Arif Priyatmojo, Kabag Pemerintahan dan Tim Penyusun LPPD Kabupaten, dan para peserta lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021