Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pengurus cabang olahraga Dansa Kalimantan Selatan mempersiapkan dua pasang atletnya mengikuti babak kualifikasi PraPON XIX.

"Kita siapkan dua pasang atlet andalan kita mengikuti babak kualifikasi PraPON XIX di Jawa Barat Oktober mendatang," kata Ketua Pengprov Ikatan Olahraga Dansa Indonesia Kalimantan Selatan Muslih saat mengesahkan kepengurusan kota Banjarmasin.

Namun, kata dia, sebelum mengikuti ajang PraPON, tiga pasang atlet dansa Kalsel tersebut terlebih dahulu akan mengikuti Kejurnas di Lombok Nusa Tenggara Barat pada 12 September.

Ketiga pasangan tersebut adalah Dayat-Aliya, Ahim-Sala dan Angga-Nadila. Ketiga pasang atlet dansa Kalsel tersebut akan berlaga di nomor Pre Amatir atau Tiga Dansa dan Free For All (FFA).

Tidak menutup kemungkinan ke tiga pasang atlet Kalsel tersebut mampu menunjukan prestasinya di Kejurnas akan diikutkan dalam seleksi PraPON di Jawa Barat, yang akan berlangsung sebulan kemudian.

"Bagi cabor yang mampu menunjukan prestasi di ajang Kejurnas akan masuk program Pelatprov Wasaka yang di gelar KONI Kalsel untuk proyeksi PON XIX dan akan kami rekomendasikan," kata Ketua KONI Kalsel Djumaderi Masrun.

Pengprov IODO Kalsel sendiri menargetkan dua pasang pedansa mampu lolos ke PON XIX Jawa Barat pada 2016 mendatang.

Selain berlaga di event nasional dan internasional, Pedansa Kalsel disarankan menggunakan kostum berciri khas daerah seperti kain sasirangan di satu bagiannya, sehingga menjadi duta promosi wisata daerah secara tidak langsung.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015