Bupati Banjar Saidi Mansyur menyerahkan bantuan kepada korban bencana angin angin kencang atau puting beliung di Desa Penggalaman Kecamatan Martapura Barat dengan mendatangi desa itu, Sabtu.

Kedatangan bupati didampingi Kepala Dinas Sosial Kalsel Siti Nuriyani, Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al-Habsyie, Kepala Pelaksana BPBD Banjar Irwan Kumar, Kepala Dinas Sosial Ahmadi serta camat dan kapolsek.

"Kami minta warga korban puting beliung sabar atas cobaan ini dan bantuan yang kami serahkan semoga bisa meringankan beban kebutuhan hidup," ujar bupati saat menyerahkan bantuan kepada warga. 

Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel Selatan Siti Nuriyani mengatakan, pihaknya akan mengupayakan memberikan bantuan dalam bentuk bahan bangunan rumah kerja sama dengan Kementerian Sosial.

"Kami berupaya meminta bantuan Kementerian Sosial berupa bahan bangunan untuk rumah. Semoga bisa disetujui kementerian sehingga dapat disalurkan kepada warga korban bencana yang akan didata," ucapnya. 

Kepala Desa atau Pambakal Desa Penggalaman Nur Ifansyah menyebut, jumlah rumah yang mengalami rusak berat, sedang dan rusak ringan akibat fenomena alam itu sebanyak 26 buah tersebar di Desa Penggalaman. 

"Rumah yang rusak sebanyak 26 buah dengan rincian 15 mengalami rusak berat, lima buah rusak sedang dan enam rusak ringan dengan jumlah terdampak 31 kepala keluarga terdiri dari 71 jiwa," katanya.
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021