Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, memfasilitasi kelas pembuatan sasirangan untuk para kaum milenial di kabupaten setempat, yang berlokasi di Aula Dispusip.

Kepala Dispusip Kabupaten Tanah Laut Rhoedy Erhansyah, di Pelaihari, Rabu, mengatakan, kelas pembuatan sasirangan bagi kaum milenial tersebut bertujuan agar mereka memperoleh kesempatan belajar, sehingga nantinya warisan budaya leluhur tetap lestari.

Dikatakannya, kelas pembuatan Sasirangan mendapat antusias dari muda-mudi  di Kabupaten Tanah Laut. Mengingat masa Pandemi COVID-19 kuota yang disediakan terbatas hanya sebanyak 15 peserta.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini para anak muda atau kaum milenial yang ada di Kabupaten Tanah Laut bisa mendapatkan ilmu yang nantinya mereka bisa kembangkan. Kami juga berharap mereka nantinya bisa berinovasi terhadap kain sasirangan," ujar Rhoedy Erhansyah.

Salah satu peserta Winda mengaku senang dan antusias mengikuti kelas pembuatan sasirangan dan sangat tertarik untuk belajar membuat kain sasirangan.

"Sangat senang dengan adanya pelatihan ini, sebab saya rasa kita harus punya skill terlebih dahulu minimal memiliki dasar bagaimana pembuatan kain sasirangan. Setelah itu bisa dikembangkan, bahkan mungkin kedepannya bisa jadi peluang usaha juga," tandas Winda.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021