Sebanyak 41 orang lanjut usia (lansia) yang sudah menjadi kakek dan nenek di Desa Lok Buntar, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) diberikan vaksin COVID-19 jenis Sinovac,  Rabu (9/6) di Posko PPKM desa setempat.

Juru Imunisasi (Jurim) vaksinasi COVID-19 Puskesmas Haruyan Jahadah mengatakan, pelaksanaan vaksinasi untuk lansia ini perdana di di Desa Lok Buntar. "Insya Allah akan dilaksanakan ke-12 Desa di wilayah kerja Puskesmas Haruyan," katanya.

"Alhamdulillah, masyarakat terutama lansia cukup antusias untuk divaksin dan mereka rata-rata berusia 60 tahun ke atas," tambahnya.

Ia mengungkapkan, selain lansia, vaksinasi COVID-19 di desa Lok Buntar hari ini juga dilakukan untuk aparat desa dan tokoh masyarakat. 

"Ada delapan lansia yang ditunda pelaksanaan vaksinasi, karena ada beberapa hal dan untuk yang ditunda nanti akan dilakukan skrining ulang, apakah sasaran sudah bisa diberikan vaksin," ujarnya. 

Sebelumnya, pihak Puskesmas Haruyan melalui petugas promkes melakukan sosialisasi dan advokasi vaksinasi untuk lansia. Hal ini bertujuan agar masyarakat lebih memahami pentingnya vaksinasi.

"Petugas promkes bersama tim melakukan sosialisasi vaksinasi COVID-19 ke-12 desa di wilayah kerja kami," Kata kepala Puskesmas Haruyan H Riza Fitrianoor menambahkan.

Dikatakannya lagi bukan hanya itu, mereka juga melakukan siaran keliling untuk menginformasikan tentang vaksinasi COVID-19 ini bersama lintas sektor seperti tokoh masyarakat, pihak TNI dari Koramil dan polisi dari Kapolsek.

Baca juga: Keluarga besar TNI divaksin Astra Zeneca
Baca juga: Sudah ada 73 putra-putri HST yang mendaftar menjadi TNI, kesempatan masih terbuka
Baca juga: Siap-siap, 13 pejabat eselon II yang ikut assesment bakal dimutasi Bupati HST

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021