Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan H M Kasman menyatakan, tensi politik sedang "panas" jelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel tahun 2020 pada 9 Juni 2021.

"Untuk menurunkan tensi itu, kami dipimpin pejabat wali kota turun ke lapangan, melakukan edukasi dan lainnya demi PSU Pilgub damai dan aman," ujarnya di Banjarmasin, Senin.

Sebagaimana ditetapkan Mahkamah Konsitusi (MK), PSU Pilgub Kalsel pada tujuh kecamatan di tiga kabupaten/kota, salah satunya Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin yang ada 12 kelurahan, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) sebanyak 301.

Dikatakan Kasman, Kesbangpol Banjarmasin dalam hal ini pemerintah kota memfasilitasi kegiatan PSU Pilgub tersebut, baik dari unsur sumberdaya manusianya, unsur sekretariatnya, satuan perlindungan masyarakat dan lainnya.

"Selain itu pemerintah melakukan edukasi kemasyarakat agar bisa berbondong-bondong mengikuti PSU ini," ujar Kasman.

Dengan terus menyemangati masyarakat untuk menyukseskan PSU ini, harapannya, kata Kasman, tingkat pemilih pada PSU Pilgub Kalsel ini bisa mencapai 60 persen lebih.

"Kita berkaca pada PSU Pilwakot tadi, mulanya kan 51 persen, pada PSU naik menjadi 61 persen, kita berharap pada PSU Pilgub ini lebih dari itu lagi," tuturnya.

Dia menyatakan, jelas hari H yang tinggal dua hari lagi, yakni, pada 9 Juni 2021, tensi politik makin "panas", di mana ini sangat dirasakan oleh karena adanya isu-isu dan baliho atau spanduk yang propokatif.

"Kita berupaya meredam itu, masing-masing pendukung boleh lah panas, tapi harus diingat keamanan dan ketentraman harus terus terjaga, semua harus berpikir dewasa, demi terciptanya pesta demokrasi yang damai," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Kalsel tahun 2020 sesuai putusan Mahkamah Konsitusi (MK) harus digelar PSU di tujuh kecamatan, yakni, lima kecamatan di Kabupaten, Astambul, Matraman, Martapura, Aluh-Aluh dan Sambungan Makmur.

Kemudian, pada 24 TPS di Kecamatan Binuang, Kabupaten Tapin, dan seluruh TPS di Banjarmasin Selatan, Kot Banjarmasin.

Di mana total TPS yang akan digelar pada 827 titik, dengan jumlah pemilih sesuai daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 266.736 jiwa.

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di Pilkada Kalsel 2020 adalah, Paslon nomor urut 1, H Sahbirin Noor dan H Muhidin, Paslon nomor urut 2, Prof H Denny Indrayana dan H Difriadi Derajat.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021