Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Polsekta Kawasan Pelabuhan Laut (KPL) Polresta Banjarmasin akan menurunkan anjing pelacak untuk melakukan operasi di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin guna mengawasi dan antisipasi adanya peredaran narkoba di kawasan tersebut.

"Operasi ini untuk meminimalisir peredaran narkoba dan kegiatan itu nantinya mengikut sertakan anjing pelacak," ucap Kapolsekta Kawasan Pelabuhan Laut Polresta Banjarmasin Kompol Fihim di Banjarmasin, Selasa.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut akan menjadi agenda rutin pihak Polsekta KPL Banjarmasin dan akan melakukan pemeriksaan terhadap para penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

Operasi tersebut dilakukan secara dadakan untuk mengantisipasi bocornya informasi tersebut ke para pengedar maupun pemasok narkoba melalui jalur pelabuhan.

"Semua kegiatan operasi di pelabuhan akan kami lakukan secara rahasia untuk hari dan waktunya tidak dapat diberitahukan agar tidak bocor ke luar," tutur pria yang baru saja menjabat sebagai Kapolsekta KPL Polresta Banjarmasin itu.

Dari informasi yang didapat kemungkinan peredaran narkoba melalui jalur laut itu besar kemungkinan adanya sehingga Polsekta KPL harus mengantisipasi adanya kemungkinan tersebut.

Selama ini pemeriksaan hanya sekedar melakukan pemeriksaan manual sehingga keberadaan narkoba sulit di lacak. Sebagai gebrakan baru maka pemeriksaan terhadap penumpang dan barang akan dibantu dengan penggunakan anjing pelacak yang sudah terlatih.

"Yang jelas kegiatan ini untuk menciptapkan dan memelihara keamanan dan kenyamanan masyarakat khususnya di wilayah pelabuhan ini," tutur perwira muda itu.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015