Martapura, (Antaranews Kalsel ) - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, berupaya menjaring bibit-bibit atlet judo dari kalangan pelajar untuk disiapkan menjadi judoka handal masa depan. 


"Kami sudah menggelar kejuaraan judo pelajar se-Kabupaten Banjar pada awal Maret lalu," ujar Kabid Olahraga Disbuparpora Banjar, Kun Nasrullah, di Martapura, Kalsel, Senin.

Ia mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan di aula judo kantor Disbudparpora Banjar itu diikuti puluhan pelajar dari seluruh tingkat mulai SD hingga SMA dan sederajat.

Dijelaskan, kejuaraan selama dua hari itu bertujuan menjaring bibit-bibit unggul cabang olahraga judo terutama dari kalangan pelajar sehingga bisa menjadi atlet berprestasi.

"Peserta yang menjadi juara bisa disiapkan menjadi atlet yang unggul dan berprestasi sehingga bisa dibina dan disiapkan menghadapi kejuaraan yang lebih tinggi," ucapnya.

Menurut dia, pembinaan atlet judo berprestasi akan dilakukan intensif sehingga mampu meningkatkan kemampuan dan meraih prestasi baik tingkat nasional maupun internasional.

"Pembinaan atlet dilakukan sejak usia dini secara terencana, terukur dan berkelanjutan sehingga bisa menjadi modal keberhasilan kontingen olahraga Kabupaten Banjar," ungkapnya.

Disebutkan, program jangka pendek yang disiapkan adalah Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kalsel sehingga pembinaan atlet judo akan lebih ditingkatkan.

"Makanya, kami menjadikan ajang kejuaraan ini untuk menjaring atlet unggul cabang olahraga judo sehingga kontingen Kabupaten Banjar selalu siap dan bisa menjadi juara," ujarnya.

Dikatakan, prestasi atlet judo Banjar cukup membanggakan terbukti pada Porprov Kalsel tahun 2013, sembilan atlet judo yang diturunkan meraih prestasi maksimal.

  "Prestasi sembilan atlet judo Banjar pada kejuaraan yang diikuti atlet judo se Kalsel sebanyak tujuh medali yakni satu medali emas, empat perak dan dua perunggu," katanya.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015