Muara Teweh, (Antaranews Kalsel) - Olahraga wisata bermotor atau adventure trail "Bupati Batara One Day Enduro 2015" yang digelar Koordinator wilayah Ikatan Motor Indonesia Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah diikuti peserta dari Jawa dan Sulawesi.


"Saat ini peserta atau rider dari luar Pulau Kalimantan itu telah memesan (booking) nomor start kepada panitia untuk mengikuti acara yang berlangsung pada 4 April 2015 itu," Ketua Panitia Bupati Batara One Day Enduro 2015, Jimmy Carter di Muara Teweh, Rabu.

Peserta dari Pulau Jawa dan Sulawesi diberi kemudahan angkutan gratis pulang pergi dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Kalimantan Selatan khusus rider dari Jakarta dan Bandung. Sedang dari Sulawesi dijemput di Palabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur.

"Info yang diterima dari bidang pendaftaran saat ini ada puluhan peserta dari luar Kalimantan yang akan mengikuti kegiatan tersebut," kata Jimmy didampingi panitia pendaftaran, Radit Heru.

Dia mengatakan, ajang ini merupakan salah satu kalender kegiatan otomotif untuk mengenalkan wisata keindahan alam daerah ini.

Melalui kegiatan tersebut, para peserta yang berasal dari beberapa daerah, akan menjelajah seluruh keindahan alam di wilayah Barito Utara yang merupakan salah satu kabupaten di pedalaman Sungai Barito dengan beragam tantangannya.

Kegiatan yang akan dilepas oleh Bupati Barito Utara, Nadalsyah nanti dengan rider atau pengendara berasal tidak hanya luar Kalimantan dan dari Kalimantan Tengah, tapi juga asal Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan serta daerah lainnya di Tanah Air.

"Kami tergetkan peserta adventure trail ini mencapai seribuan orang," katanya dia juga juga menjabat Ketua Korwil IMI Barito Utara ini.

    
Rute berkesan

Jimmy mengatakan, pihak panitia memilih jalur dengan track yang menantang namun tidak membosankan dan menjadikan ajang ini sebagai kegiatan yang penuh kenangan untuk semua rider.

Hal itu sesuai dengan tema Kantuh Munbahanyi Bakicak (KMB) atau ayo ikut kalo memang berani ngetril di lumpur dengan pembuat jalur Sovan Drajat asal Malang, Jawa Timur yang merupakan seorang master track Indonesia saat ini.

"Panitia sudah menetapkan jalur yang akan dilewati peserta dan sudah dilakukan observasi oleh Sovan Drajat. Kami yakin jalur khas hutan Kalimantan ini akan berkesan bagi rider," katanya yang tidak bersedia menyebutkan rute yang akan ditempuh peserta nanti.

Kegiatan yang pertama kali dengan hadiah cukup besar ini antara lain memperebutkan dua unit motor Husqvarna, sepuluh unit sepeda motor, paket perjalanan umrah dan doorprize lainnya.

Pelaksanaannya nanti dimulai dari Stadion Swakarya Muara Teweh  dan berakhir di kawasan bumi perkemahan Panglima Batur di Desa Trahean Kecamatan Teweh Selatan.

"Dalam pembagian hadiah nanti akan dikemas melalui acara hiburan di kawasan bumi perkemahan tersebut," ujarnya./e

Pewarta: Kasriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015