Kabar gembira bagi warga di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan yang mengalami kerusakan rumah akibat terdampak banjir beberapa waktu lalu. 

 Pemkab Batola melalui Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor telah menerima bantuan dana siap pakai (DSP) untuk stimulan rumah rusak dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta,  sebesar Rp16,4 miliar lebih untuk 1.606 unit rumah dengan rincian 1 unit rusak berat, 26 rusak sedang, dan 1.579 unit rusak ringan.  

“Bantuan ini nantinya diperuntukan bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat banjir beberapa waktu lalu, melanda sejumlah kecamatan seperti Mandastana, Alalak, Jejangkit, Rantau Badauh, dan Cerbon,” papar wabup Rahmadian Noor.

Kendati realisasinya masih menunggu transfer BNPB, wabup yang akrab disapa pak Rahmadi ini menjelaskan, untuk warga yang rumahnya mengalami kerusakan berat akan diberikan bantuan Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta. 

Wabup menambahkan, bagi warga yang akan mendapatkan bantuan sesuai pedoman BNPB terlebih dahulu harus melengkapi beberapa persyaratan administrasi yang masih menunggu petunjuk teknis.

Selain dana stimulan rumah rusak, sebut dia, Batola juga mengusulkan perbaikan infrastruktur yang sampai sekarang masih dalam tahap pembicaraan dengan pemerintah pusat. 

Rahmadi berharap,  dana perbaikan infrastruktur ini bisa direalisasikan dalam Tahun Anggaran 2022 agar bisa digunakan untuk perbaikan jalan, jembatan, dan infrastruktur lain yang rusak akibat banjir.

Sementara itu dari informasi BNPB menyebutkan, selain Kabupaten Batola terdapat sejumlah kabupaten di Kalsel yang juga menerima bantuan DSP seperti Kabupaten Banjar Rp20,955 miliar, Tanah Laut Rp11,73 miliar, HST Rp12,35 miliar,  Balangan Rp5,17 miliar dan sejumlah kabupaten di Indonesia.
Pemkab Batola melalui Wakil Bupati (Wabup) H Rahmadian Noor menerima Bantuan Dana Siap Pakai (DSP) untuk Stimulan Rumah Rusak dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Senin (24/5).Foto:Antaranews Kalsel/Prokopimda Batola.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021