Martapura,(Antaranews Kalsel) - Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Sultan Khairul Saleh, mendukung program swasembada pangan yang mampu memenuhi kebutuhan daerah maupun menopang kebutuhan nasional.


"Kami sangat mendukung program swasembada pangan karena memacu daerah memenuhi kebutuhan pangan daerah sekaligus nasional," ujarnya di Kecamatan Gambut, Kalsel, Selasa.

Ia mengatakan hal tersebut di sela panen raya padi Kelompok Tani "Maju Bersama" di Desa Guntung Ujung Kecamatan Gambut bersama anggota forum komunikasi pimpinan daerah.

Menurut dia, Kabupaten Banjar memiliki Kecamatan Gambut yang dikenal sebagai lumbung padi Kalsel sehingga akan memaksimalkan setiap potensi pertanian di kecamatan itu.

"Produksi pertanian di Kecamatan Gambut terus ditingkatkan terutama padi lokal yang menghasilkan beras Banjar atau beras Siam Unus yang enak dikonsumsi," ucap bupati.

Dikatakan, salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian adalah menambah luasan kawasan pertanian yang bisa ditanami padi terutama jenis lokal.

"Penanaman bibit padi lokal seluas 140 hektare di Kecamatan Gambut sudah dilakukan di samping menanam bibit padi jenis unggul agar produksi berkelanjutan," ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Banjar Dondit Bekti Agustiono mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan program perluasan lahan pertanian.

"Lahan pertanian yang disiapkan mencapai 80.000 hektare dan produksi padi yang ditargetkan dari puluhan ribu hektare lahan itu diperhitungkan 325.920 ton per hektare," kata dia.

Ditambahkan, selain perluasan lahan pertanian untuk tanaman padi, juga disiapkan penambahan lahan untuk jagung dan kedelai dengan luasan mencapai ribuan hektare.

"Perluasan lahan jagung 1.100 hektare dengan target produksi 4.802 ton per hektare dan lahan kedelai 3.500 hektare target produksi 4.536 ton per hektare," katanya. ***3***







(T.KR-YRZ/B/N005/N005) 24-03-2015 21:43:16

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015