Bunda baca Kabupaten Hulu Sungai Utara Hj Anisah Rasyidah mengajak orang tua melakukan kegiatan mendongeng bagi anak untuk mengembangan karakter kepribadian dan minat baca anak.

"Kita semua harus bekerja sama, baik orang tua, guru, masyarakat dan aparat pemerintah terkait khususnya untuk menumbuhkan minat baca dan membentuk karakter kepribadian yang baik kepada anak sejak usia dini," ujar Anisah di Amuntai, Rabu.

Meski ditengah arus modernitas dan kemajuan teknologi informasi, Anisah yang juga Ketua TP PKK HSU ini mengajak semua pihak untuk tidak meremehkan pembinaan anak melalui mendongeng ini.

Bersama jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Anisah mengatakan sering ikut melaksanakan kegiatan Story Telling ke desa-desa.

Seiring pembinaan SMK Shalatiyah Bitin yang dipersiapkan mengikuti Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional 2021, Menurut Anisah merupakan suatu bentuk motivasi bahwa sekolah di pelosok deaa mampu berprestasi ke tingkat Nasional.
 
Pembinaan dan kegiatan Story Telling di SMK Shalatiyah Bitin yang mewakili Kalsel pada Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat Nasional, Rabu. (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Menurutnya lagi, prestasi ini hendaknya memotivasi masyarakat dan pemerintah untuk lebih bergairah lagi dalam menumbuhkan minat baca dan kebiasaan mendongeng bagi anak- anak.

Pada kesempatan pembinaan di sekolah yang sudah dua kali berprestasi ke tingkat Nasional ini, Anisah bersama Kepala Dispersip Hj Lailatanur Raudah turut mengikuti kegiatan Story Telling yang dilakukan petugas dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

Melihat keceriaan di wajah anak-anak, Anisah yakin mereka membutuhkan kehangatan dan kasih sayang yang dihadirkan orang tua dan guru melalui kegiatan mendongeng.

"Jadi tidak hanya sekedar mendongeng, kasih sayang dan keakrabam antara orang tua dan anak juga bisa terjalin antara anak dengan orang tuanya, jadi sempatkan mendongeng untuk anak kita," katanya.

Sementara itu, Kepala SMK Shalatiyah Ahmad Auria mengaku bersyukur dan berterimakasih atas Pembinaan yang selalu diberikan oleh Dispersip HSU sehingga dijadikan sebagai motivasi SMK Shalatiyah untuk melangkah lebih jauh lagi.

"Mudah-mudahan nanti kami bisa memberikan yang terbaik untuk, Hulu Sungai Utara dan  Kalimantan Selatan." katanya.

Disamping menggelar storytelling, ditempat yang sama Dispersip HSU juga melaksanakan seminar literasi " Asik menulis cerita pendek (Cerpen) bagi siswa-siswi MTs Shalatiyah bersama tim literasi Shalatiyah library.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021