Qari internasional asal Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Drs H Artoni Jurna MAg, Kamis 8 Syawal 1442 H/20 Mei 2021 tutup usia.

Dalam seni baca Al Qur'an atau keahlian membaca kitab suci umat Islam tersebut almarhum yang pernah mengecap pendidikan di Madrasah Mu'allimin Barabai (165 kilometer utara Banjarmasin) tahun 1970-an itu meniti karir dari bawah, sejak kanak-kanak.

Pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Tingkat Nasional di Manado, Sulawesi Utara (Sulut) Tahun 1977, almarhum Juara I Golongan Kanak-kanak,  dan Juara I Golongan Remaja MTQ Nasional di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) 1979.

Selain itu,  pensiunan pegawai/pejabat pada Kanwil Departemen Agama Kalsel tersebut pernah Juara I Golongan Dewasa pada Seleksi Tilawatil Qur'an (STQ) Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) 1992.

Kemudian mantan aktivis Pelajar Islam Indonesia (PII) dan lulusan Pendidikan Guru Agama (PGA) Barabai, ibukota Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel itu sebagai Qari International yang almarhum raih di Iran Tahun 1993.

Jenazah almarhum rencana dishalatkan di Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin sesudah shalat Zuhur, dan dimakamkan di alkah keluarga di Tirik Banua Padang - Rantau (sekitar 117 utara Banjarmasin), Kabupaten Tapin, Kalsel.

"Dunia qiraatul qur'an Kalsel berduka dengan meninggal dunia Qari internasional Artoni Jurna," ujar sejumlah warga masyarakat di provinsi yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa dan mayoritas Muslim tersebar pada 13 kabupaten/kota tersebut.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021