Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi sasaran pelaksanaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-111 oleh jajaran Korem 101/Antasari.

"Kodim 1009/Pelaihari mengerjakan TMMD di Desa Tanjung Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut dan Kodim 1010/Rantau di Desa Suato Lama, Kecamatan Salam Babaris, Kabupaten Tapin," kata Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah di Banjarmasin, Selasa.

Kegiatan TMMD ke-111 dilaksanakan mulai minggu kedua Juni sampai minggu kedua Juli 2021.

Sasaran fisik berupa pembuatan badan jalan di daerah terisolasi, pemasangan gorong-gorong, pembuatan drainase, perbaikan fasilitas mushalla, rehab rumah, rehab TK Al Quran, dan rehab poskamling

Sasaran nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan pertanian, peternakan, kehutanan, sosialisasi penanggulangan bencana alam, posyandu, posbindu, kekerdilan, penyuluhan KB kesehatan dan dampak pernikahan dini, penyuluhan narkoba, rekrutmen TNI, sosialisasi tentang COVID-19 dan PPKM serta adanya kelas lapangan untuk minat baca yang bekerja sama dengan Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan serta kegiatan bakti sosial lainnya.

Firman menegaskan dalam pemilihan sasaran fisik diharapkan benar-benar desa yang terisolasi ataupun tertinggal jika dibandingkan dengan desa lainnya ataupun sesuai dengan usulan dari masyarakat, termasuk pelaksanaan bedah rumah tidak layak huni.

TMMD merupakan operasi bakti TNI yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kegiatan ini dilaksanakan secara lintas sektoral dengan melibatkan berbagai unsur, yaitu pemerintah daerah, Polri, dan instansi terkait lainnya, serta masyarakat setempat.

Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk membantu pemerintah daerah guna meningkatkan akselerasi pembangunan serta membuka daerah yang terisolasi guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka kepentingan pertahanan serta tetap terpeliharanya kemanunggalan TNI-rakyat.

Guna menyukseskan TMMD ke-111, dilaksanakan paparan bagi satuan yang melaksanakan TMMD di Ruang Yudha Makorem 101/Antasari. Rapat dipimpin Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah dihadiri kasrem, para kasi korem, Dandim 1009/Pelaihari, dan Dandim 1010/Rantau.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021