Pengurus Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, membentuk Angkatan Muda Muhammadiyah Al-Muhajirin (AM3) untuk mencetak generasi berkepribadian Islami.

Ketua Pengurus Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin Banjarmasin Utara, Dr Arif Budiman, Selasa, mengatakan, mengikuti jejak Rosulullah yang fokus dalam pengembangan generasi muda.

"Berangkat dari situlah, kita membentuk AM3 memberikan wadah generasi muda untuk berorganisasi, sekaligus membentuk mereka agar memiliki kepribadian yang Islami," katanya.

Dosen Politeknik Banjarmasin itu mengharapkan, para pemuda yang tergabung dalam AM3 nantinya bisa membantu akitifitas dan dakwah di masjid, khususnya Masjid Muhammadiyah Al-Muhajirin.

Mereka juga diharapkan bisa menjadi duta dan menjangkau generasi muda di lingkungan masjid, untuk turut serta aktif dalam kegiatan keagamaan, khusunya dalam pembentukan pemuda yang memiliki karakter.

Angkatan Muda Muhammadiyah Al-Muhajirin beragam usia mulai dari sekolah lanjutan tingkat atas hingga perguruan tinggi, sebagian besar anak para jamaah dan pengurus.

"Kita berfikir pengkaderan generasi masa depan, kalau generasi muda tidak kita bentuk dan aktifkan, dikhawatirkan mereka akan aktif di mana-mana yang tidak positif," katanya.

Melalui pembentukan AM3 inilah, mereka dibentuk dengan terarah secara Islami dan in sya Allah akan menjadi penerus kepemimpinan umat.

Majelis Pendidikan Kader PDM Kota Banjarmasin, Fakhruroji, menambahkan, dengan dibentukanya Angkatan Muda Muhammadiyah Al-Muhajirin ini, sebagai sarana untuk menggugah semangat pemuda untuk mencintai masjid.

"Kita ingin para pemuda bisa mencintai masjid, sekarang ini sebagian besar orang yang datang ke masjid adalah kaum tua," ujarnya.

Ketua Angkatan Muda Muhammadiyah Al-Muhajirin, Muhmmad Riski Ansyari, menuturkan, AM3 periode 2021-2023 telah menyusun tiga program utama.

"Pertama, program keagamaan, program sosial, program seni, dan olahraga," kata dia.

Program keagamaan di antaranya, pengajian rutin, mingguan dan bulanan. Program sosial, meliputi pemberian makanan untuk fakir, miskin, dan anak yatim. Dan Program seni dan olahraga, di antaranya bulu tangkis, tapak suci.

Pewarta: Ih

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021