Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Atraksi budaya Banjar akan ditampilkan di Kota Batam, Kepulauan Riau, bersamaan dengan acara "aruh ganal" (kenduri besar) Suku Banjar pada Minggu tanggal 29 Maret 2015.


Ketua Panitia aruh ganal Edi Yanto saat bertemu dengan Forum Silaturahmi Kulaan Banjar Banua (FSKB) di Banjarmasin, Rabu mengatakan, atraksi budaya Banjar tersebut seperti penampilan kesenian madihin (seni tutur) dan musik panting.

Selain itu juga disajikan budaya kuliner khas Banjar, seperti kue kikicak, kue untuk-untuk, amparan tatak, pais, dan aneka kuliner lainnya.

Dalam acara aruh ganal yang dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB) untuk wilayah Kepri tersebut akan dihadiri Ketua KBB sedunia yang juga Gubernur Kalsel, Rudy Ariffin, kata Edi Yanto bersama panitia lainnya Khoirul Akbar.

Pejabat yang lain menurut Edi Yanto yang sudah menyatakan hadir pada acara aruh ganal yang pertama kali di gelar di luar Pulau Kalimantan tersebut, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Akhmad Diran serta Plt Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambri.

Menurut Edi Yanto dalam acara tersebut bukan saja dihadiri kulaan Banjar yang ada di Sumatera tetapi juga diundang kulaan Banjar yang ada di Pulau Kalimantan.

Bahkan yang banyak menyatakan hadir adalah kulaan Banjar yang ada di Malaysia karena berdekatan dengan Batam serta dari Singapura dan Brunei Darussalam, tambahnya lagi seraya memperlihatkan kertas undangan kepada beberapa anggota FSKB.

Sebelum bertemu FSKB, panitia aruh ganal Kepri tersebut sudah audensi dengan Gubernur Kalsel dan akan merencanakan bertemu dengan para bupati dan wali kota di Kalsel.

FSKB yang diketuai Mohamad Ary menyatakan akan hadir secara rombongan ke Batam pada acara tersebut, dan mereka berangkat ke sana sekaligus akan melakukan lawatan atau batiti kantong-kantong pemukiman Suku Banjar seperti ke Jambi, Kuala Tungkal, dan Tembilahan serta kawasan kepri sendiri.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015