Buntok, Kalteng (Antaranews Kalsel) - Objek wisata desa Sanggu, kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah memerlukan penambahan sepeda air.


"Ini diperlukan karena pada hari libur, sepeda air diminati pengunjung yang bersantai di tengah danau," kata kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Barsel, Drs Hardin F Nasan, M. Si, di Buntok, Senin.

Jumlah sepeda air yang tersedia saat ini sebanyak 14 unit dan dari jumlah tersebut empat di antaranya rusak dan tidak bisa diperbaiki sehingga memerlukan penambahan 10 unit lagi.

"Kita telah mengusulkannya pada tahun anggaran 2014 lalu untuk penambahannya, namun hingga kini masih juga belum disetujui," kata Hardin F Nusan.

Padahal menurut dia, sepeda air ini sangat diminati para pengunjung pada saat musim liburan keagamaan serta liburan sekolah baik pada tahun 2013 dan maupun 2014 lalu.

selain itu ia juga menyampaikan, untuk meningkatkan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Barsel dari sektor pariwisata pada 2015, pihaknya akan mengembangkan objek wisata kerbau rawa di kecamatan Jenamas.

Oleh sebab itu, pihaknya berencana akan membangun fasilitas maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya dilokasi wisata tersebut sehingga nyaman untuk dikunjungi.

"Supaya bisa dikenal masyarakat luas, kita nantinya akan mempromosikannya dengan mengikuti pameran, baik tingkat kabupaten, provinsi maupun tingkat nasional," ujar Hardin.

Pada pameran itu, pihaknya juga akan memperkenalkan tempat wisata lainnya seperti danau Sanggu, rumah terapung di desa Bambaler di kecamatan Dusun Selatan serta liang lempang dan air terjun di kecamatan Gunung Bintang Awai.

"Selain itu kita juga akan mempromosikan berbagai produk unggulan Barsel yang di antaranya rotan, karet dan nenas parigi," demikian Hardin F Nusan./e

Pewarta: Bayu Ilmiawan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015