Kotabaru,  (AntaranewsKalsel) - Pembangunan jembatan yang menghubungkan daratan Kalimantan dengan Pulaulaut Kotabaru, Kalimantan Selatan, diperkirakan akan menelan dana sebesar Rp3,6 triliun.


Sekretaris Daerah Kotabaru H Suriansyah, di Kotabaru, Senin mengatakan, biaya pembangunan jembatan Pulaulaut Kotabaru dengan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, yang besarnya diproyeksikan Rp3,6 triliun dapat didanai pemerintah pusat.

"Tetapi untuk mempercepat mewujudkan pembangunan jembatan tersebut, antara pemerintah daerah, Kabupaten Kotabaru, dan Tanah Bumbu, serta Pemprov Kalsel dapat menyiapkan melalui APBD masing-masing," terangnya.

Suriansyah menjelaskan, Pemkab Tanah Bumbu diharapkan mengalokasikan dana Rp500 miliar dari Rp3,6 triliun, tetapi informasi terakhir kabupaten tetangga itu siap mengalokasikan dana Rp250 miliar untuk mendukung pembangunan jembatan tersebut.

Sedangkan Pemkab Kotabaru dan Pemprov Kalsel masing-masing sekitar Rp500 miliar, dan sisanya diharapkan ditanggung pemerintah pusat.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kalimantan Selatan Gusti Tahmidillah, saat ekspos rencana pembangunan jemabatan oleh konsultan PT Wira Widyatama Banjarmasin menambahkan, rencana pembangunan jembatan yang menghubungkan Kotabaru-Tanah Bumbu segera terwujud.

Sebelumnya, sejumlah anggota DPRD Kotabaru beberapa waktu lalu mengatakan, pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulaulaut dengan Pulau Kalimantan segera terwujud.

Meski tidak seperti wacana awal di mana titik pembangunan jembatan berada di Tanjung Ayun dan Tarjun, Kabupaten Kotabaru, tetapi berada di Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu, dengan Pulaulaut, Kabupaten Kotabaru.

Yang terpenting, bagi sebagian wakil rakyat, jembatan tetap dibangun dan kita harapkan Kotabaru akan semakin berkembang, dan masyarakatnya semakin sejahtera.

Rencananya dana pembangunan jembatan, bersumber dari APBN dan APBD Provinsi, meski demikian Pemprov Kalsel tetap mengajak kedua daerah (Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu) berkontribusi terhadap pembangunan jembatan ini.

Pekerjaan diawali perencanaan teknis (penyusunan penentuan lokasi) jembatan pendekat antara Pulaulaut dengan Pulau Kalimantan, pra disain jembatan bentang utama, alokasi anggaran pekerjaan ini sebesar Rp5,25 miliar.

Langkah berikutnya adalah proses pembangunannya, yakni perencanaan teknis jembatan bentang utama Pulau Laut - Pulau Kalimantan dengan estimasi pagunya sebesar Rp18 miliar.

Selanjutnya baru dimulai pekerjaan pembangunan jembatan penghubung, pada tahap I dialokasikan dana sebesar Rp30 miliar.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015