Polres Hulu Sungai Utara (HSU) akan melibatkan anggota Satgas Pencegahan COVID-19 dalam operasi terpusat Ketupat karena adanya kebijakan larangan mudik lebaran tahun ini.

Kapolres Hulu Sungai Utara (HSU) AKBP Afri Darmawan melalui Wakapolres Kompol Muhammad Irfan di Amuntai, Kamis mengatakan, setiap tahun Polri menyelenggarakan kegiatan Ops Terpusat Ketupat setiap jelang Idul Fitri.

"Pada Operasi Ketupat kali ini kita melibatkan rekan-rekan dari Satuan Tugas Penanganan dan Pencegahan COVID-19 karena adanya larangan mudik," ujar Irfan.

Irfan mengatakan, guna mempersiapkan pelaksanaan dilapangan, Kapolres HSU melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor)  mengundang seluruh anggota Satgas COVID-19 guna mempersiapkan segala sesuatunya.

Kegiatan rakor dilaksanakan di ruang Rupatama Mapolres HSU di hadiri Wakil Bupati HSU H Husairi Abdi beserta pejabat Forkopimda.
 
Wakapolres HSU Kompol M Irfan memimpin Rakor kesiapan pelaksanaan Operasi Terpusat Ketupat di Mapolres HSU HSU di Amuntai, Kamis (29/4). (Antaranews Kalsel/Humas Polres HSU/Eddy A)

Wakapolres mengatakan, pelaksanaan rakor untuk menindaklanjuti Surat Telegram Kapolda Kalimantan Selatan ST/86/IV/ Ops 1.1/2021/tanggal 21 April 2021 dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H dimasa Pandemi Covid 19 tahun 2021.

"Dengan adanya pengumuman Pemerintah  tentng larangan mudik tentunya Polres HSU akan melibatkan Tim Satuan Tugas Penanganan COVID-19 diantaranya Kodim -1001/Amuntai, Dinas Perhubungan, Satpol PP,  BPBD, Dinkes dan relawan Damkar serta Senkom," kata Irfan.

Irfan melanjutkan, Polres akan membangun Posko penyekatan di beberapa akses jalan masuk menuju Kabupaten HSU, Pos Pelayanan Terpadu di Taman Putri Junjung Buih, termasuk Posko penyekatan di Paminggir antisipasi pemudik dari Kalimantan Temgah melalui jalur air dimana perlu dukungan semua pihak.

Wakapolres berjanji akan menindak tegas warga yang tidak mengindahlan pelarangan mudik dengan memberikan sanksi sesuai peraturan.

Wakil Bupati H. Husairi Abdi yang turut hadir pada kegiatan Rakor menyatakan kesiapan pemerintah daerah untuk mendukunh pelaksanaan Ops Terpusat Ketupat Jajaran Polres HSU karena dibutuhkan pula dalam penerapan larangan mudik.

"Kebijakan ini kita ambil tiada lain untuk mencegah penyebaran COVID-19 apalagi katanya sudah ada penyebaran Varian baru B 1617 yang berasal dari Pandemi di India," kata Husairi.

Demikian pula pihak Kodim 1001 Amuntai-Balangan siap memberikan bantuan kepada Satgas, sebagaimana disampaikan langsung Dandim 1001 Amt/Blg Letkol Inf. Ali Ahmad Satriyadi pada kegiatan rakor.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Sekda HSU Muhammad Taufik, Kepala Dinas Kesehatan HSU Danu  F. Fotohena, Plt Kepala Disperindag Muhammad Rafiq, Kepala Dishub H. Hamdani, Kepala BPBD Sugeng Riyadi, Kabag Umum Setda HSU Rahman Heriadi,Kasat Pol PP Kab. HSU Jumadi, Pasiops Kodim 1001 Amt/Blg Letda Inf Mulyanto,  PJU Polres  Perwakilan Senkom dan Perwakilan Relawan Damkar.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021