Pemerintah Kabupaten Balangan "launching" pelayanan kontrasepsi serentak dalam rangka memperingati Hari Kartini 2021 di Puskesmas Awayan.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Balangan Ahmad Nasa’i menuturkan, dalam launching kali ini pelayanan pemberian alat kontrasepsi dilakukan kepada 20 orang, terdiri dari 18 orang implan dan dua orang Intrauterine device (IUD) atau juga disebut alat kontrasepsi dalam rahim.

“Momentum pelayanan serentak ini juga mendukung program penekanan angka stunting, yaitu mendukung penuh 100 hari kehidupan pertama. Merencanakan keluarga, baik sebelum ataupun sesudah konsepsi, dengan begitu semoga bisa mengurangi angka stunting pada generasi selanjutnya,” harap Nasa'i, Kamis.

Senada dengan itu, Kepala BKKBN Provinsi Kalsel mengharapkan, melalui momen pelayanan KB serentak di seluruh Indonesia ini peserta KB dapat meningkat, agar kehamilan yang tidak diinginkan berkurang, karena di masa COVID-19 ini fasilitas kesehatan membatasi pelayanan demi menghindari terjadinya COVID-19.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Balangan Megawati Ulfah juga berharap, pelayanan kontrasepsi serentak ini kita kaitkan untuk mendorong peningkatan kemandirian masyarakat dalam memenuhi hak kesehatan dan reproduksi.

“Kami dari TP PKK tentu mendukung program nasional ini untuk mensosialisasikan tujuan pemakaian kontrasepsi, guna membatasi jumlah kelahiran agar terciptanya masyarakat yang sehat dan sejahtera,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau kepada para ibu dan kaum perempuan agar mensukseskan program pelayanan kontrasepsi, supaya mampu memenuhi kebutuhan perencanaan keluarga yang berkualitas dan menjadi satu pilihan utama dalam menggunakan KB Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP).

Berhadir dalam kesempatan ini Penjabat Sekda Kabupaten Balangan, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Kalsel, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kabupaten Balangan, Camat Awayan beserta unsur Muspika dan Seluruh Peserta Akseptor KB.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021