Berakhirnya masa Praktek Kerja Lapangan (PKL) siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMKN) 1 Marabahan ditempatkan di Kantor Sekretariat Daerah Barito Kuala (Setda Batola), Kalimantan Selatan, maka guru pembimbing siswa PKL Hamdanah melakukan penarikan kembali siswanya.

“PKL  dilaksanakan para siswa kami telah memasuki masa berakhir, Jumat (30/4) lusa, maka hari ini kami memberitahukan terlebih dahulu,” papar Hamdanah saat berada di ruang Kabag Umum Setda Batola, H Saifudin, Rabu (28/4).

Guru Pembimbing itu menerangkan, masa PKL yang dilaksanakan para siswanya berlangsung selama 3 bulan sejak awal Pebruari dan berakhir 30 April. 

Masa tersebut, katanya, telah sesuai ketentuan yaitu minimal 3 bulan dan maksimal enam bulan. 

Hamdanah menambahkan, siswa SMKN 1 Marabahan yang berkompetensi keahlian OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) yang magang di Setda Batola berjumlah 13 orang, termasuk dua orang yang bertugas di Sekretariat PKK. 

Wanita berkaca mata itu menerangkan, kegiatan magang merupakan suatu prasyarat kelulusan bagi para siswa kelas XII. 

Tujuannya, sebut dia, untuk meningkatkan skill para siswa agar ketika lulus memiliki kemampuan yang lebih matang.

“Kami harapkan pengalaman yang didapatkan para siswa di PKL dapst bermanfaat, karena pengalamsn tersebut tidak mereka dapatkan di sekolah,” paparnya. 

Sementara itu, Kabag Umum Setda Batola H Saifudin menyampaikan ucapan terima kasih kepada dewan guru dan para siswa yang telah melaksanakan kegiatan PKL di Setda Batola. 

Dia menilai, PKL sangat positif baik terhadap siswa maupun instansi yang menjadi tempat PKL. 

“Bagi kami manfaat PKL sangat banyak terutama dalam membantu tugas-tugas keseharian baik terkait bidang administrasi maupun tugas-tugas lainnya,” papar Saifudin.

Dia menambahkan, lebih-lebih kehadiran PKL tersebut tidak membutuhkan cost namun dengan sukarela. 

Kabag Umum Setda Batola berharap,  kerjasama kegiatan PKL tersebut hendaknya terus dilakukan sekolah mengingat keberadaannya dinilai cukup membantu instansi.
 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021