Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan meminta seluruh pejabat pemerintah provinsi setempat mempercepat seluruh proyek dan program pembangunan yang direncanakan.


Menurut Wagub di Banjarbaru, Selasa, pelaksanaan program kegiatan pemerintahan di tahun 2015 ini harus dipercepat dan direncanakan dengan matang, sehingga serapan anggaran bisa ditingkatkan ditahun terakhir pelaksanaan RPJMD provinsi.

"Bila seluruh program pembangunan bisa terlaksana dengan cepat dan baik, maka kesejahteraan masyarakat juga akan jauh lebih baik," katanya.

Selain itu, kata dia, seluruh pihak terkait, juga harus mempertahankan laporan keuangan yang sudah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

"Pada 2011-2015, saya harapkan kita bisa mampu mencapai hasil yang bagus dalam pelayanan pemerintahan dan pembangunan," ungkapnya.

Harapan tersebut disampaikan Wagub pada acara pelantikan pejabat 426 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Menurut Wagub pelantikan dilakukan guna memperbaiki kinerja pemerintahan agar berjalan lebih maksimal lagi dibandingkan dengan masa sebelumnya.

Pengucapan sumpah jabatan dan pelantikan pejabat struktural eselon III yang berjumlah 121 dan eselon IV sebanyak 305 ini, berlangsung khidmat di Gedung Idham Chalid, Setda Prov Kalsel, Banjarbaru.

"Saya tegaskan bahwa pelantikan ini merupakan tindak lanjut dari hasil evaluasi terhadap kinerja para pejabat, dalam menjalankan tugasnya," katanya.

Dengan demikian, kata dia, ada pejabat yang perlu dimutasi untuk penyegaran organisasi dan ada pula yang mendapat promosi sebagai penghargaan atas keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan, termasuk mengisi jabatan yang masih kosong.

Selain itu, pelantikan ini juga sebagai implementasi peraturan daerah Provinsi Kalimantan Selatan nomor 1 tahun 2012 tentang Perubahan Peraturan Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Nomor 6 Tahun 2008, tentang perubahan atas peraturan daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Nomor 6 Tahun 2008 tentang Pembentukkan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Lebih lanjut mantan Wali Kota Banjarbaru tersebut menyampaikan, pejabat yang dilantik hari ini harus selalu ingat dengan posisi dan amanah jabatan yang ada di pundak.

Wagub mengatakan, jabatan itu bukan suatu kemegahan, jabatan juga tidak selalu menguntungkan dan bahkan ada yang tergelincir karena jabatan yang diembannya.

"Karena itu, waspada dan berhati-hatilah terhadap jabatan, agar jabatan yang kita pegang dapat membawa kebaikan bagi semuanya. Dengan jabatan yang dipercayakan , saya berharap agar tugas utama kita sebagai pelayan masyarakat bisa dilaksanakan secara maksimal," harapnya.

Dikatakan Wagub, semua harus menjadi bagian dari upaya untuk menegakkan penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN, melalui pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan secara transparan dan tertib administrasi.

Pelantikan diakhiri oleh ucapan selamat dari Wakil Gubernur Kalsel H. Rudy Resnawan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kalsel H. Asbullah, Sekda Prov. Kalsel H.M. Arsyadi serta seluruh pejabat di lingkungan Pemprov Kalsel.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015