Barabai,(Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan, menjamin pembuatan kartu keluarga bisa selesai satu hari, sedangkan untuk akte kelahiran dan kematian maksimal bisa diselesaikan satu minggu.


Kepala Bidang Catatan Sipil Disdukcapil HST, Abdul Halim, di Barabai, Selasa, mengatakan, sejak Januari 2015, proses pembuatan akta Kelahiran lebih cepat dan tanpa dipungut biaya.

Menurut dia, selain pembuatan akta kelahiran, proses pembuatan akta kematian, akta perceraian, dan akta perkawinan serta kartu keluarga juga lebih cepat.

"Insya Allah, apabila tidak ada gangguan koneksi ke server dan lainnya, pembuatan akta bisa selesai dalam satu minggu, sedangkan kartu keluarga bisa selesai dalam satu hari," katanya.

Selain itu, lanjutnya, Disdukcapil juga akan terus berupaya meningkatkan layanan kependudukan, seiring meningkatnya kesadaran masyarakat untuk mengurus masalah administrasi kependudukan.

"Kami selalu siap memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat, terlebih dalam membuat akta maupun kartu keluarga maupun E KTP," ujarnya.

Sekretaris Disdukcapil Syahbidin Noor mengatakan, pihaknya terus berupaya membenahi pelayanan, sehingga masyarakat bisa dengan cepat mendapatkan haknya termasuk identitas kewarganegaan.

"Saya jamin pembuatan akta, kartu keluarga maupun E KTP lebih cepat dan gratis," katanya.

Adapun persyaratan pembuatan akta kelahiran yaitu, mengisi formulir F-2.01, surat keterangan dari dokter atau bidan atau sejenisnya, foto copy KK yang bersangkutan, foto copy KTP orang tua, foto copy surat nikah/akta nikah, foto copy KTP dua orang saksi, surat pernyataan belum memiliki akta kelahiran, surat kuasa dan lampiran ijazah.

Selain peningkatan pelayanan terhadap pengurusan kartu identitas kewarganegaraan, Pemerintah Kabupaten HST juga terus membenahi dan mempermudah pelayanan perizinan investasi, untuk mendorong tumbuhnya usaha mikro kecil dan menengah.

Melalui pelayanan perizinan yang lebih mudah, diharapkan para pengusaha lokal maupun nasional, bahkan manca negara, akan masuk ke daerah untuk menanamkan investasinya.

Dengan demikian, maka pertumbuhan ekonomi akan lebih cepat berputar, dan kesejahteraan masyarakat juga akan juah lebih meningkat.

Kabupaten HST merupakan salah satu kabupaten di Hulu Sungai yang dikenal sebagai pusat perdagangan di enam kabupaten yang disebut Banua Enam.

Lokasi wilayah yang cukup strategis, yaitu berada di tengah jalur menuju berbagai kabupatan dan provinsi tetangga, menyebabkan daerah tersebut cukup maju sebagai pusat perdagangan dan banyak masyarakt yang mengandalkan perekonomiannya dari sektor tersebut. ***4***

(T.U004/B/F003/F003) 03-03-2015 20:17:06

Pewarta: Fathurahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015