Bupati Banjar Saidi Mansyur mengikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXV tahun 2021 secara virtual yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Command Center Martapura.

Kegiatan yang digelar Senin sore mengusung tema "Bangun semangat kerja dan tingkatkan gotong royong di masa pandemi COVID-19 untuk masyarakat sehat, ekonomi daerah bangkit dan Indonesia maju".

Peringatan hari OTDA dibuka Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan diikuti seluruh kepala daerah se-Indonesia sekaligus meminta seluruh pemda menjadi contoh dan pelopor inovasi meningkatkan pelayanan publik.

"Selain itu, tetap jaga dan terapkan protokol kesehatan serta sukseskan program vaksinasi seluruh Indonesia. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita semua juga seluruh tumpah darah Indonesia," harapnya.

Sementara, Mendagri Tito Karnavian mengatakan pembentukan negara sudah bukan mengarah kemakmuran dan keadilan, tetapi konteks kompetisi internasional perlu menjadi negara kuat dan berpengaruh.

"Untuk bisa mencapai tujuan tersebut bukan hanya sekedar sumber daya alam yang indah dan sumber daya manusia yang unggul, tetapi juga ada faktor sangat penting yakni sistem politik dan pemerintahan," ucapnya. 

Disela kegiatab, Mendagri Tito juga meresmikan tiga aplikasi layanan yang diberikan jajaran Kemendagri kepada seluruh masyarakat yakni Si Mudah, E-Perda dan Si LPPD ditandai pemukulan Gong secara daring.

"Aplikasi yang kami resmikan sebagai terobosan dari Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Akmal Malik guna memudahkan sistem pemerintahan antara pusat dan daerah sehingga semakin mudan dan nyaman," ucapnya.


 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021