Banjarbaru, (AntaranewsKalsel) - Pengurus Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) cabang Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, siap mencetak pesilat-pesilat tangguh yang mampu mengukir prestasi di ajang internasional.


"Target dan tekad kami mencetak pesilat berprestasi internasional," ujar Ketua IPSI cabang Kota Banjarbaru AR Iwansyah usai dilantik di Aula Gedung DPRD Banjarbaru, Kalsel, Senin malam.

Ia mengatakan, pihaknya bersama pengurus juga memiliki "mimpi" agar Banjarbaru bisa menjadi lumbung pesilat sehingga mampu menyumbang atlet bagi Provinsi Kalsel.

Dijelaskan, langkah yang segera dilakukan untuk mencetak pesilat yang handal dan bisa meraih prestasi yakni menggelar kejuaraan antarperguruan silat yang berkembang di kota itu.

"Kami dalam waktu dekat segera berkonsolidasi dengan para pengurus untuk mempersiapkan kejuaraan antarperguruan silat sehingga bisa mencetak bibit pesilat," ungkapnya.

Selain itu, Iwansyah yang menjabat Ketua DPRD Kota Banjarbaru juga akan memperkenalkan silat ke sekolah sehingga anak-anak usia sekolah bisa mengetahui dan belajar silat.

Ditekankan, silat merupakan salah satu khazanah seni beladiri yang dimiliki bangsa Indonesia sehingga sudah seharusnya dilestarikan agar tetap tumbuh dan berkembang.

"Jika silat diperkenalkan di sekolah maka siswa sejak usia dini sudah mengetahui dan diharapkan mereka turut menjaga serta melestarikan salah satu budaya bangsa," harapkan.

Ketua Harian IPSI Kalsel Djumadri Masrun mendukung langkah pengurus yang mempersiapkan pesilat meraih prestasi tingkat internasional sehingga mampu mengharumkan nama daerah.

"Kami sangat mendukung langkah itu dan Kalsel masih membutuhkan pesilat tangguh yang mampu meraih prestasi baik tingkat nasional maupun internasional," ujarnya.

Wali Kota Banjarbaru Ruzaidin Noor mengatakan, Pemkot Banjarbaru ikut mendukung pembinaan setiap cabang olahraga termasuk silat yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

"Dukungan Pemkot berupa bantuan dana yang diberikan melalui KONI dan diharapkan bisa digunakan pengurus cabang olahraga dalam membina setiap atlet," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015