Polda Kalimantan Selatan membantu percepatan vaksinasi COVID-19 ke masyarakat agar lebih banyak orang yang divaksin sebagaimana harapan Presiden RI Joko Widodo menargetkan vaksinasi bagi 181,5 juta penduduk di akhir 2021.

"Hari ini kami menggelar vaksinasi massal ke masyarakat yang dipusatkan di halaman Mapolsekta Banjarmasin Tengah, ini bagian dari upaya percepatan vaksinasi," terang Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto di Banjarmasin, Jumat.

Sebanyak 300 dosis vaksin disiapkan untuk melayani masyarakat yang sebelumnya telah terdata oleh Bhabinkamtibmas mendapatkan vaksin berjenis Sinovac itu.

Polda mengerahkan personel Bidang Kedokteran dan Kesehatan serta Rumah Sakit Bhayangkara Tingkat III Hoegeng Imam Santoso Banjarmasin sebagai vaksinator secara simultan melakukan penyuntikan.
Seorang warga mengikuti vaksinasi COVID-19 di halaman Mapolsekta Banjarmasin Tengah. (ANTARA/Firman)


Rikwanto menegaskan, saat ini siapa pun masyarakat yang mau divaksin silahkan datang di tempat-tempat yang digelarnya vaksinasi. Sehingga tak sebatas para lansia atau pun profesi tertentu.

"Memang prioritas saat ini para lansia karena mereka kelompok rentan jika terpapar COVID-19. Namun jika ada masyarakat lainnya yang bersedia juga silahkan datang untuk divaksin. Syaratnya hanya wajib membawa KTP atau kartu tanda pengenal lainnya," jelas jenderal bintang dua itu.

Saat ini, ungkap Kapolda, di Kota Banjarmasin saja tersedia stok vaksin sekitar 70 ribu dosis yang diupayakan dapat terserap secara cepat bagi masyarakat luas.

"Di bulan suci Ramadhan ini, kita juga jemput bola melakukan vaksinasi ke masjid-masjid. Jadi, masyarakat yang mau divaksin silahkan mengikutinya usai Tarawih di tempat yang menggelar vaksinasi sebagaimana yang diumumkan Tim Satgas Dinas Kesehatan," tandas Kapolda di dampingi Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan dan Kapolsekta Banjarmasin Tengah Kompol Irwan Kurniadi.  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021