PT PLN (Persero) menyiapkan 35 posko unit induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) untuk mengamankan pasokan listrik selama Ramadhan hingga Idul Fitri 2021.

Dirut PLN Wilayah Kalselteng Tony Bellamy di Banjarmasin, Rabu mengatakan selain menyiapkan 35 posko, PLN juga mengerahkan 1.088 personel, 350 kendaraan roda empat dan roda dua untuk mengamankan pasokan listrik sepanjang bulan puasa dan Hari Raya Idul Fitri.

Selain itu, 1.450 personil oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (PLN UIKL Kalimantan) di seluruh Kalimantan juga disiagakan.

Hal itu dilakukan ujar Tony, dalam rangka memberikan pelayanan maksimal untuk kenyamanan masyarakat dalam menjalani aktivitas dari rumah dan khususnya masyarakat yang sedang menjalankan ibadah Ramadhan.

Saat ini kelistrikan di Kalselteng terbagi dalam 4 subsistem (isolated) dan sistem yang telah interkoneksi dengan sistem Mahakam.

Sehingga, sistem kelistrikan ke dua provinsi bertetangga ini, lebih handal dengan 37 gardu induk, 388 penyulang dan 17.245 gardu distribusi dengan jumlah pelanggan 2 juta lebih.

"Perkiraan beban puncak pada malam Ramadhan dan Idul Fitri sebesar 1.265 MW dengan daya mampu pembangkit sebesar 1.850 MW, PLN Kalselteng masih mempunyai cadangan daya sebesar 585.4 MW," katanya.

Saat ini PLN Kalselteng menghadapi persoalan penurunan penjualan kwh yang berdampak pada pendapatan.

Rata-rata penurunan dari segmen industri dan bisnis, selain kalangan sekolah, kantor-kantor dan pemerintahan.

"Rata-rata 5 – 10 persen penurunannya," kata Tony yang datang ke rumah dinas Gubernur Kalsel menggunakan mobil listrik berbasis baterai itu.

General Manager Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran Kalimantan (UIKL Kalimantan), Daniel Eliawardhana menambahkan, melihat kapasitas yang tersedia, suplai listrik di bulan Ramadhan dipastikan aman.

"Pasokan pembangkit kami memiliki cadangan lebih dari 500 MW dan 1450 personil di seluruh Kalimantan disiagakan," ujarnya.

Diingatkan, apabila terjadi gangguan atau memerlukan informasi seputar kelistrikan, PLN menyediakan produk layanan yang bisa diakses secara online oleh masyarakat dalam satu genggaman melalui aplikasi PLN Mobile.

Pj Gubernur Safrizal mengingatkan umat muslim yang melaksanakan ibadah Ramadhan di masjid, langgar atau musala, tetap memperhatikan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021