Kotabaru,(Antaranews Kalsel) - Bulog Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, saat ini menyimpan 900 ton beras stok beras siap untuk didistribusikan ke dua kabupaten.


Kepala Bulog Kotabaru Rony Hardianto, di Kotabaru, Rabu mengatakan, stok 900 ton beras yang kini disimpan di gudang itu cukup untuk keperluan selama tiga bulan ke depan.

"Sewaktu-waktu pemerintah memerintahkan untuk disalurkan, Bulog juga siap mendistribusikannya ke tempat tujuan," terangnya.

Dikatakan, stok beras 900 ton tersebut untuk keperluan beras bagi rumah tangga miskin di Kabupaten Kotabaru dan Tanah Bumbu, dan keperluan yang lainnya, misalkan, operasi pasar untuk menyetabilkan harga beras di pasar yang melonjak.

"Namun untuk operasi pasar, menjadi kewenangan Bulog pusat, dan Kementerian Perdagangan," tuturnya.

Menurut Rony, apabila terjadi kekurangan stok, Bulog Kotabaru siap untuk mendatangkan beras dari Banjarmasin atau Sulawesi.

"Insya Allah tidak ada masalah, stok cukup berapapun yang diperlukan, Bulog siap menyediakan," paparnya.

Sementara itu, di sejumlah daerah di Kotabaru, harga beras beberapa pekan terakhir mengalami lonjakan signifikan.

"Biasanya harga beras berkisar Rp7.000-Rp8.000 per kilogram, tetapi belakangan ini mencapai Rp10.000-Rp11.000 per kilogram, untuk kualitas sedang," kata seorang ibu rumah tangga di Kotabaru, Ummi Bisri. ***3***

Biqwanto

(T.I022/B/B012/B012) 25-02-2015 16:39:54

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015