Berbagai cara akan dilakukan Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk menyukseskan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada 2020 di tiga kelurahan, yakni, salah satunya adanya pembagian doorprize bagi pemilih.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Banjarmasin, M Kasman pada saat gelar silaturahmi penjabat Wali Kota Akhmad Fydayeen dengan Ketua RT Pelaksana PSU Pilkada 2020 di Balaikota, Selasa.

Menurut dia, pihaknya bersama KPU sudah memiliki rencana adanya pembagian doorprize bagi warga yang terdata sebagai pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 28 April pelaksanaan PSU.

"Jadi rencananya, warga yang datang ke TPS diberikan kupon undian. Nanti diundi. Doorprizenya sendiri disediakan oleh Pemko dan KPU," ujarnya

Namun, katanya, pihaknya masih memperhitungkan bentuk doorprize yang akan diberikan itu sehingga betul-betul bisa bermanfaat bagi warga.

"Ini semata-mata untuk merangsang partisipasi pemilih datang ke TPS, sebab pelaksanaan PSU ini bertepatan pada bulan Ramadhan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, ujar dia, sesuai amar putusan Mahkamah Konsitusi (MK) tentang sengketa Pilkada Kota Banjarmasin tahun 2020 ditetapkan harus dilaksanakan PSU di tiga kelurahan di Kecamatan Banjarmasin selatan.

PSU di tiga kelurahan itu, di Kelurahan Mantuil, Murung Raya dan Basirih Selatan.

PSU ditiga kelurahan tersebut dilaksanakan total disebanyak 80 TPS dan total sebanyak 29.056 jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Rinciannya, di Kelurahan Mantuil ada sebanyak 29 TPS dengan DPT berjumlah 9.887 pemilih, Kelurahan Murung Raya ada sebanyak 23 TPS dengan DPT berjumlah 8.565 pemilih dan Kelurahan Basirih Selatan ada sebanyak 28 TPS dengan DPT berjumlah sebanyak 10.604 pemilih.

PSU Pilkada Kota Banjarmasin tahun 2020 ini tarung ulang empat pasangan calon, yakni, Paslon nomor urut 1, H Haris Makkie dan Ilham Noor, nomor urut 2, H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, Paslon nomor urut 3, H Khairul Saleh dan Habib Muhammad Ali Alhabsy dan Paslon nomor urut 4, Hj Ananda dan H Mushaffa Zakir.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021