Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan terus menggelar pasar murah untuk membantu masyarakat tidak mampu dalam menjalankan ibadah bulan suci Ramadhan 1442 Hijrah.

Bekerjasama dengan Banjarmasin Coorporate Sosial Responsibility (BCSR), Disperindag Kota Banjarmasin menggelar pasar murah di Kelurahan Pelambuan, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kamis.

"Ini menjadi titik keenam sudah kita menggelar pasar murah Ramadhan," ujar Plt. Kabid Perdagangan, Ichrom Muftezar.

Dia menyampaikan, kegiatan pasar murah tersebut setiap tahun diselenggarakan oleh Disperdagin Kota Banjarmasin, namun disaat pandemi COVID-19 ini jumlah subsidi dari beberapa perusahaan yang ada di Kota Banjarmasin kini berkurang, tetapi kegiatan pasar tersebut tetap bisa terlaksana.

Dia mengungkapkan, pasar murah tersebut dijadwalkan pada 12 Kelurahan di kota ini, kini sudah memasuki pada enam kelurahan di Kelurahan Pelambuan ini.

"Total satu kali kegiatan ada 500 paket sembako, yang mana untuk satu paket sembako terbagi dua komoditas, yang pertama adalah gula pasir 2 kilogram dan satunya minyak goreng 2 liter," ungkapnya

Pria yang akrab disapa Tezar itu juga menjelaskan, dari masing-masing perusahaan mensubsidi Rp15 ribu per paket sembako.

"Total harga per paket sembako itu Rp49 ribu, karena disubsidi Rp15 ribu, masyarakat hanya membayar Rp34 ribu," ujarnya.

Selanjutnya, kata dia, untuk pasar murah ini dapat memenuhi sasaran bagi warga yang kurang mampu, maka sistemnya pakai kupon.

Menurut Tezar, penyerahan kupon paket sembako berkoordinasi dengan pihak Kelurahan, yakni, yang akan dibagikan sebanyak 500 kupon.

"Pihak kelurahan akan berkoordinasi lagi dengan para RT dan RW, hingga mereka yang menentukan masyarakat yang berhak," ujarnya.

Disperindag Kota Banjarmasin berharap,  masyarakat bisa terbantu dengan kegiatan ini.

Dia jua berharap pihak perusahaan lainnya di kota ini bisa lebih peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di saat Ramadhan dan masa sulit menghadapi pandemi COVID-19 yang belum usai.

Sementara, Lurah Pelambuan Soltoni mengatakan, di Kelurahan Pelambuan terdapat 69 RT dan 4 RW kemudian 500 kupon yang diterima tersebut dibagikan kepada  RT dan RW masing-masing.

"Alhamdulillah warga kami antusias untuk menerima bantuan yang namanya paket atau sembako murah itu karena kebetulan pada saat-saat pandemi dan bulan puasa tentunya warga kami sangat terbantu," ujarnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021