Pejabat Gubernur Kalimantan Selatan Safrizal ZA membuka gelar Musyawarah Daerah (Musda) X pemilihan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) provinsi tersebut di  Banjarmasin, Jumat malam.

Kegiatan yang akan berlangsung hingga 11 April tersebut dihadiri Wakil Ketua Umum MUI pusat Dr KH Marsudi Syuhud MA, Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalsel H Noor Fahmi.

KH Husin Naparin memasuki masa akhir jabatan sebagai Ketua MUI Kalsel periode 2016--2021 hingga digelarnya musda tersebut.

Dalam Musda MUI Kalsel ini, Pejabat Gubernur Kalsel memastikan pemerintah provinsi tidak akan ikut campur dalam pemilihan kepengurusan MUI Kalsel.

Pejabat Gubernur Safrizal hanya mengharapkan para ulama MUI Kalsel terus berperan dalam kedamaian daerah juga dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu, ia juga meminta para ulama MUI Kalsel membantu pemerintah dalam mensosialisasikan penanganan COVID-19 kepada umat.

"Biasanya masyarakat lebih patuh kepada ulama daripada kepada pemerintah," katanya.

Karenanya peran ulama di daerah ini sangat penting untuk penanggulangan pandemi COVID-19 ini, utamanya menyadarkan masyarakat selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Kita harus selalu mentaati protokol kesehatan agar selamat dari virus ini," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum MUI pusat Marsudi Syuhud berpesan kepada MUI Kalsel agar terus menjaga organisasi warisan ulama terdahulu ini dengan sebaik-baiknya.

Selain itu juga harus ikut berperan menjaga kedamaian berbangsa dan bernegara sebagaimana yang diwariskan pendiri negara ini.

"Kita di MUI ini seperti penjaga warisan, warisan kitab suci dan Sunnah Rasulullah, termasuk juga warisan ulama terdahulu dan pendiri bangsa ini sebagai negara kesatuan," katanya.

Ketua MUI Kalsel KH Husin Naparin menyampaikan terimakasih kepada pemerintah provinsi yang pada masa kepengurusan yang dipimpinnya ini selalu mendapat dana hibah hingga kegiatan MUI bisa berjalan dengan baik.

Terkait dengan Musda X yang agenda diantaranya pemilihan Ketua MUI selanjutnya ini, KH Husin Naparin menyatakan akan dijalankan sesuai aturan yang berlaku.

"Kami mengharapkan arahan dari MUI pusat," ujarnya.

Dari informasi internal MUI Kalsel, pada Musda X pemilihan Ketua MUI Kalsel periode selanjutnya tersebut banyak yang masih mendorong KH Husin Naparin untuk melanjutkan kepemimpinan.

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021