Martapura,  (Antaranews Kalsel) - Salah satu kelurahan di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, yakni Kelurahan Jawa meluncurkan program yang diberi nama "Senyum Masyarakat" dalam rangka membantu warga setempat dalam pengurusan administrasi kependudukan, perizinan dan lainnya.


Lurah Jawa, Bambang Dedi Mulyadi di Martapura, Kamis mengatakan, program itu dilaksanakan sejak awal masa kepemimpinannya di kelurahan yang terletak di pusat Kota Martapura itu.

"Tujuan utama program adalah membantu masyarakat yang sering mengalami kesulitan saat berurusan dengan pelayanan pemerintah," ucap pria yang baru tiga bulan duduk sebagai lurah itu.

Dijelaskan, Kelurahan Jawa yang masuk wilayah Kecamatan Martapura Kota memberikan pelayanan meliputi hampir seluruh aspek baik pengurusan perizinan hingga proses pembuatan akta kematian.

Menurut dia, selama ini banyak anggota masyarakat yang tidak tahu atau takut jika hendak berurusan di kelurahan maupun instansi lainnya di lingkup Pemkab Banjar.

"Atas dasar itu lah kami membuat program `Senyum Masyarakat` agar bisa membantu warga kesulitan saat berurusan dengan pemerintah sehingga bisa tersenyum," ucapnya.

Disebutkan, program itu meliputi pelayanan darurat selama 1x24 jam yang dilakukan kelurahan bekerja sama dengan para ketua rukun tetangga (RT) di kelurahan setempat.

"Jika ada masyarakat yang tertimpa musibah seperti kematian pada tengah malam atau hari libur, juga kebakaran maka petugas dibantu ketua RT siap membantu mereka," ujarnya.

Dikatakan, pihaknya juga memberi pelayanan darurat administratif apabila masyarakat berurusan pada hari libur seperti Sabtu dan Minggu sehingga tetap terlayani.

"Contohnya, jika ada warga yang sakit dan harus menginap di rumah sakit pada hari libur. Mereka juga tidak mengerti pengurusan BPJS maka akan dibantu pegawai kami," kata dia.

Ketua RT 34 Kelurahan Jawa Ramnur Hidayat menyambut baik program yang digagas lurah baru itu karena sangat membantu masyarakat mendapatkan pelayanan.

"Kami sangat mendukung program karena masyarakat yang mengalami kesulitan menjadi terbantu melalui sikap dan pelayanan dari aparatur pemerintah," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015