Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) turut berpartisipasi menggalakkan semangat Revolusi Hijau yang telah dicanangkan sejak 2017  oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel), dan kembali digelorakan dengan gerakan tanam serentak.

Sekretaris Daerah HSS HM Noor, di Sungai Raya, mengatakan untuk di HSS memilih lokasi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah di Paharuangan, Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya untuk dijadikan area lahan penanaman aneka pohon buah-buahan.

Baca juga: Peringati Hari Peduli Sampah Nasional, Pemkab HSS aksi kebersihan desa

"Pemkab HSS mendukung penuh adanya gerakan revolusi hijau yang digelorakan Pemprov Kalsel melalui Dinas Kehutanan(Dishut) Kalsel, tentu ini merupakan hal yang baik yang harus kita dukung demi anak cucu kita, serta juga demi menjaga kelestarian lingkungan kita,” katanya, Jum'at (9/4) kemarin.

Dijelaskan dia, penanaman serentak satu juta pohon se-Kalsel ini juga ditampilkan melalui zoom meeting yang mencakup seluruh lokasi penanaman yang dilaksanakan.

Sebagai evaluasi, Dishut Kalsel nantinya akan mendata lokasi penanaman, jumlah dan jenis pohon yang ditanam, untuk kemudian diupdate pada aplikasi revolusi hijau.

Baca juga: Partisipasi HSS dukung penanaman serentak 10 ribu bibit ulin se Kalsel

Penanaman secara serentak tidak hanya dilakukan oleh kalangan pemerintah, namun juga melibatkan pihak swasta dan masyarakat. Hal ini musti terus digelorakan, karena alam diperlukan oleh semua dan harus dijaga pula oleh semua bersama-sama.

Semua ini dilakukan sebagai usaha pemulihan serta peningkatan kualitas lingkungan, mengingat kualitas lingkungan yang baik akan membawa pada kualitas kesehatan dan kehidupan yang baik pula.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021