Bupati Hulu Sungai Utara H Abdul Wahid HK berharap warganya bisa menindaklanjuti aksi tanam satu juta pohon yang dilakukan pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan dan kabupaten/kota pada Jum'at (9/4) kemaren.

"Satu warga minimal tanam satu pohon, tapi tanam yang berusia panjang dan bisa menghasilkan dan dinikmati hasilnya seperti pohon buah-buahan," ujar Wahid.

Wahid mengatakan, gerakan satu juta pohon seyogyanya hanya slogan karena masyarakat sebenarnya bisa menanam berjuta-juta pohon apabila setiap individu menanam minimal satu pohon dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

Wahid juga mengatakan Pemerintah Pusat dan juga Daerah melalui anggaran yang tersedia akan memberikan bibit kepada masyarakat yang ingin menanam pohon di  pekarangan rumah.

Memimpin aksi penanaman secara simbolis pada Kick Off RHL APBN dan Penanaman Serentak satu juta pohon di halaman Mesjid Raya At Taqwa Amuntai, Jum''at, Wahid bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda, juga mengikuti arahan dari Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA secara virtual yang memimpin aksi serupa ditingkat provinsi.
 
Para pejabat dan pimpinan perbankan juga turut melakukan aksi penanaman satu juta pohon di Halaman Mesjid Raya At Taqwa Amuntai, Jum'at (9/4). (Antaranews Kalsel/Diskominfo HSU/Eddy A)

Pj Gubernur berharap melalui aksi tanam satu juta pohon dapat memperbaiki kondisi lingkungan hidup di Kalimantan Selatan. Gubernur juga berjanji akan memperbaiki kawasan hutan dan lahan yang dialihkanfungsikan menjadi tambang dan perkebunan sawit.

Aksi penanaman bibit pohon di lingkungan Mesjid Raya Amuntai dilakukan Bupati HSU bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD, Sekda, para Asisten, pimpinan instansi, perbankan, BNN dan pimpinan organisasi wanita.

Plt Kepala Dinas Perumahan, Wilayah Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Najeriansyah menambahkan selanjutnya ribuan jenis bibit pohon akan didistribusikan kepada masyarakat untuk ditanam.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021