Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad didampingi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Hulu Sungai Selatan Hj. Rahmawaty, membuka pelatihan jurnalistik untuk Generasi Milenial bersama Forum Wartawan Daerah (Forwah) HSS, di Pendopo Wakil Bupati HSS.

Ketua Forwah HSS, Ida Laeny, di Kandangan, Selasa (6/4), mengatakan pelatihan jurnalistik ini merupakan program kerja Forwah Kabupaten HSS, bertujuan untuk menumbuh kembangkan kecintaan menulis bagi generasi milenial, khususnya mahasiswa STAI Darul Ulum Kandangan sesuai akidah jurnalsitik.

"Alhamdulillah kegiatan kami di Forwah HSS selama ini juga terus mendapatkan dukungan Pemerintah Daerah setempat melalui instansi terkait, termasuk pelatihan
jurnalistik yang dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan COVID-19," katanya, dalam laporan.

Dijelaskan dia, pihaknya melaksanakan pelatihan Jurnalistik dengan kerjasama Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) STAI Darul Ulum Kandangan, dan karena pandemi COVID-19 maka pesertanya dibatasi hanya 30 orang.
 
Pembukaan pelatihan jurnalistik untuk generasi milineal Forwah HSS dan LPM STAI Darul Ulum Kandangan
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)


Baca juga: Eratkan kemitraan, Bupati HSS serahkan paket lebaran untuk para wartawan

Pelatihan juga menghadirkan narasumber wartawan yang telah berpengalaman, dengan harapan ke depan dengan adanya pelatihan ini para mahasiswa juga bisa menulis sesuai dengan kaidah jurnalistik.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, mengatakan pihaknya menyambut baik terlaksananya kegiatan pelatihan jurnalistik bersama Forwah HSS, di mana kegiatan ini untuk menumbuhkan kembangkan kecintaan menulis, menggali potensi dan bakat penulis serta mengembangkan etika jurnalistik bagi para mahasiswa.

"Kami berharap kegiatan ini tidak hanya sebatas memberikan ilmu jurnalistik semata, tetapi juga dapat memberikan kesadaran terhadap para penulis muda terhadap pentingnya informasi dan berita yang valid serta dapat dipertanggung jawabkan," katanya.

Menurut dia, setiap pembuatan berita diharap dapat memenuhi etika jurnalisitk dan terhindar dari foto, video dan pemberitaan yang hoax, juga LPM STAI Darul Ulum serta Forwah HSS agar terus berkiprah memberikan informasi dan berita kepada masyarakat, sesuai dengan bidang keahliannya.

Ini juga bagian dari wujud peran aktif dari semua pihak dalam mendukung terlaksananya pembangunan di Kabupaten HSS secara khusus, dan bangsa serta negara secara umum.

Ia mewakili Bupati HSS membuka pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa STAI Darul Ulum Kandangan dan beberapa Stake Holder lainnya, dan sebagaimana pesan Bupati HSS H Achmad Fikry untuk penyeimbang berita, tentu juga supaya bagi organisasi-organisasi semakin terekspose kegiatannya serta jadi media kehumasan.

"Ke depan organisasi- organisasi lain yang ada di Kabupaten HSS bisa dilakukan pembinaan jurnalistik oleh Forwah HSS, mungkin nanti diundang satu-satu sehingga mereka punya organisasi-organisasi yang perlu diekspose agar dapat terpublikasi dengan baik," katanya.
 
Wabup HSS Syamsuri Arsyad sematkan tanda peserta pelatihan jurnalistik
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Baca juga: Studi tiru pengembangan publikasi daerah Forwah HSS berkunjung ke Pemkot Yogyakarta

Banyak diberbagai organisasi tidak ada orang yang secara khusus ditugaskan dalam bidang jurnalistika, dan pihaknya menganggap ini penting maka ke depan mungkin formatnya seperti apa bisa dirundingkan, dan pihaknya akan mendukung secara penuh.

Wakil Ketua III STAI Darul Ulum Kandangan, Dini Mahdini, mengatakan kegiatan pelatihan tentunya para mahasiswa benar-benar diharapkan mendapatkan banyak curahan ilmu dari para jurnalistik atau wartawan, khususnya wartawan dari Forwah HSS.

"Supaya para mahasiswa ini benar-benar memiliki ilmu jurnalistik, sehingga informasi bisa benar-benar disampaikan dengan baik," katanya.

Turut hadir, perwakilan Manajemen dari PT Antang Gunung Meratus (AGM), para jurnalis yang bertugas di Kabupaten HSS tergabung dalam Forwah HSS, dan para Mahasiswa dari STAI Darul Ulum Kandangan, pelatihan ini juga mendapatkan dukungan dari Percetakan Restu Ibu, Kandangan.
 
Pembukaan pelatihan jurnalistik untuk generasi milineal Forwah HSS dan LPM STAI Darul Ulum Kandangan
(Fathurrahman/Protokol Kehumasan Setda HSS/Antarakalsel)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021