Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kota Banjarmasin Ahmad Fanani Saifudin mengungkapkan, rencana pembangunan pemerintah kota tersebut membangun poliklinik berlantai empat, tahun 2015.



"Pembangunan poliklinik di Jalan Rantauan Keliling (RK) Ilir Banjarmasin itu merupakan tahap awal pemerintah kota (Pemkot) setempat untuk membangun rumah sakit (RS)," katanya saat berada di Balaikota, Rabu.


Ia menerangkan, alokasi anggaran untuk pembangunan gedung poliklinik tersebut sudah ada dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2015 sebesar Rp40 miliar.


"Desain gedung poli klinik empat lantai ini sudah dibuat, tinggal realisasinya saja lagi tahun ini, dan sudah masuk proses lelang," ungkapnya.


Ia membeberkan, pembangunan fisik gedung poliklinik seluas 18x58 meter, dengan desain empat lantai dan letaknya di bagian belakang lahan rencana bangunan RS apabila dari Jalan RK Ilir atau Sungai Martapura.


"Sebab RS ini rencananya bagian depan menghadap Sungai Martapura," tuturnya.


Ia menjelaskan, perencanaan bangunan RS Pemkot di atas lahan seluas dua hektare ini nanti bisa dilewati dari dua sisi, yaitu Jalan RK Ilir atau jalan pinggir Sungai Martapura dan Jalan Rantauan arah ke daerah Basirih.


Sejauh ini, kata dia, lahan untuk RS Pemkot Banjarmasin di bekas bangunan Gudang Lima tersebut sudah mulai disiapkan, tinggal pembangunannya saja lagi.


Ia menambahkan, untuk bangunan induk RS itu nanti di dalam desain terdiri 10 lantai sebagai ruang bangsal pasien dan lainnya. Di sisi-sisi kiri kanan bangunan induk tersebut salah satu gedung Instalasi Gawat Darurat (IGD).

  "Menurut rencana melalui APBD setempat, setiap tahun dianggarkan untuk pembangunan fisik RS Pemkot tersebut, sampai selesai," ujarnya.    

Pewarta: Sukarli

Editor : Sukarli


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015