Batam,(AntaranewsKalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan H Rudy Ariffin terus berupaya menjaga dan meningkatkan silaturahmi dengan warga keturunan suku Banjar asal daerahnya yang sudah turun-temurun berada di perantauan seperti di Provinsi Kepulauan Riau.
Upaya tersebut di antaranya dilakukan dengan menemui "urang" (orang, red) Banjar yang berada di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), terumata yang tinggal di sekitar Kota Batam, Minggu malam.
Kedatangan Gubernur Kalsel dua periode itu ke Kota Batam untuk menghadiri undangan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2015.
Dalam pertemuan di Restoran Wey Wey Pelabuhan Batam yang juga dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Achmad Diran itu, warga Banjar perantauan tersebut bermaksud mengadakan "aruh ganal" (pertemuan besar).
Warga Banjar perantauan di Kepri tersebut berencana menggelar aruh ganal sebagai salah satu upaya menjaga dan meningkatkan silaturahmi antarsesama mereka pada 29 Maret 2015.
Orang nomor satu di jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel tersebut berjanji menghadiri aruh ganal warga Banjar perantauan di Kepri itu.
"Insya Allah kita akan hadiri aruh ganal warga Banjar di perantauan daerah Kepri ini," ujar Rudy Ariffin, yang akan mengakhiri masa bakti periode keduanya pada Agustus mendatang.
Sementara itu, Bob Azhar, warga keturunan urang Banjar, mengaku bangga bisa bertemu dan bersalaman dengan Gubernur Kalsel serta Wagub Kalteng yang datang ke Batam untuk menghadiri puncak peringatan HPN 9 Februaru 2015.
Bob yang mengaku keturunan "urang Banjar" tinggal di Batam dan bekerja di negeri tetangga Singapure itu, namun tidak tahu asal kampung leluhurnya di Kalimantan Selatan.
"Kabarnya leluhur saya dari Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalsel, tapi keluarga kami belum pernah menengok ke sana," ujarnya dalam percakapan menggunakan bahasa daerah Banjar sepotong-sepotong.
Selain Gubernur Kalsel, dari provinsi tersebut yang menghadiri puncak peringatan HPN 2015 di Batam itu, Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, dan Wakil Bupati Hulu Sungai Utara (HSU), H Husairi Abdi.
Kemudian yang juga datang ke Batam dalam rangka HPN 2015, Kabag Humas Pemkab Tanah Bumbu mewakili bupati Mardani H Maming, Kabag Humas Kota Banjarmasin mewakili wali kotanya, dan Humas PT Adaro Indonesia Lapangan Dahai Balangan Kadarusman.

Pewarta: syamsudin hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015