Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tanah Laut, Kalimantan Selatan menggelar pelatihan reparatir dan Juru Timbang se-Kalimantan Selatan, di Kabupaten Tanah Laut. 

Pelatihan itu dibuka oleh Bupati Tanah Laut HM Sukamta,  di Aula Balai Latihan Kerja Kabupaten Tanah Laut, Senin (39/3), dengan menghadirkan dua narasumber dari Tim Widyaiswara dan diikuti 44 peserta  berasal dari beberapa kabupaten/kota,  seperti Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Kota Baru, Kabupaten Tabalong dan Kabupaten Tanah Laut,  selama lima hari sejak 29 Maret sampai 2 April 2021. 

Salah satu peserta dari Banjarbaru Sugiharto mengaku bersemangat ikuti pelatihan tersebut. 

Setelah mendapatkan legalitas, dia bertekad akan membagikan ilmunya kepada yang membutuhkan.

"Saya bersemangat sekali, setelah ini akan saya kembangkan untuk anak-anak yang perlu kerja, akan saya ajarkan cara memperbaiki," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskopdag) Tanah Laut H Syahrian Nurdin nengatakan, banyak keuntungan didapatkan peserta dan setelah lulus mendapatkan legalitas.

"Mereka bisa membuka kegiatan jasa perbaikan timbangan, sertifikat berlaku nasional, bisa membuka diluar kabupaten," ujar Syahrian.

Terpisah, Bupati Tanah Laut HM Sukamta menyebutkan, pelatihan itu berpotensi meningkatkan peluang lapangan pekerjaan dan sekaligus meningkatkan kepercayaan konsumen di Kabupaten Tanah Laut.

"Ini menjamin transaksi jual beli di Tanah Laut dan sudah memenuhi perundang-undangan,"tandasnya.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021