Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanah Laut (Disdukcapil Tala),  Kalimantan Selatan  memberikan pelayanan pembuatan dokumen pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang di Desa Sumber Mulia, Jum'at (26/3). 

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di tahun 2021 ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hasna Taini seorang Ibu Rumah Tangga yang baru saja melahirkan anak ketiganya mengaku  memanfaatkan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang  untuk mengurus dokumen kependudukan seperti, KTP elektronik, akta kelahiran serta kartu keluarga. 

Menurut dia, melalui kegiatan Manunggal Tuntung Pandang anaknya yang baru lahir pun bisa mendapatkan fasilitas Kartu Identitas Anak (KIA).

"Senang bisa mendapatkan pelayanan mudah dan nyaman dari Disdukcapil.  Sebelumnya memang harus mengisi formulir dulu untuk mendapatkan dokumen kependudukan ini, setelah formulirnya diserahkan kami langsung bisa mendapatkan pelayanan," ungkap Hasna Taini.

Terpisah, Kepala Disdukcapil Tala Hj Norhayati membenarkan  pada kegiatan Manunggal Tuntung Pandang  di Desa Sumber Mulia kali ini melayani perekaman untuk KTP elektronik serta pengumpulan berkas pembuatan dokumen kependudukan lainnya. 

Dia juga mengungkapkan, pelayanan itu untuk menghindari kerumunan di masa pandemi COVID-19.

"Jika dokumen telah selesai,  maka akan langsung dibagikan kepada warga melalui Kepala Desa Sumber Mulia," terangnya..

Pelayanan dari Disdukcapil kali ini, sebut dia, tidak terbatas jumlah warga yang akan dilayani.

"Artinya, kami memberikan pelayanan kepada masyarakat Sumber Mulia sampai selesai," tegas Norhayati.

Pelayanan yang diselenggarakan Disdukcapil Tala itu diharapkan kedepannya tidak ada lagi warga yang tidak memiliki dokumen kependudukan. 

Melalui dokumen yang sudah dimiliki, papar dia, masyarakat akan memudahkannya untuk mendapatkan pelayanan publik, terlebih jika ada pendataan untuk memperoleh bantuan dari pemerintah.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021