Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melaporkan, sebanyak 650 pedagang di pasar Sentra Antasari sudah divaksin COVID-19 pada program vaksinasi COVID-19 tahap ke-2 di kota ini.

Menurut Plt Kadisperindag yang disampaikan oleh Kabid Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan dan Pasar, Ichrom Muftazar di Banjarmasin, Jumat, program vaksinasi COVID-19 bagi pedagang pasar Sentral Antasari dari 23--24 Maret berjalan lancar dan diikuti cukup antusias.

"Hari pertama sebanyak 318 orang dan hari kedua sebanyak 242 orang, hingga totalnya 560 orang, ini bahkan melebihi target, sebab targetnya 500 orang pedagang di pasar Sentral Antasari tersebut," ujarnya.

Menurut dia, vaksinasi yang dilakukan pihak dinas kesehatan kota ada dibeberapa titik, dari lobby utama gedung pasar, Ramayana lantai III, blok sayur belakang masjid, parkiran motor dan mobil juga di blok pasar Kasbah.

"Kita bersyukur para pedagang sadar akan pentingnya mereka divaksin karena demi ketahanan mereka juga menghadapi pandemi COVID-19 ini," tuturnya.

Apalagi, tutur Tezar, panggilan akrab Ichrom Muftazar tersebut, pasar Sentral Antasari merupakan pasar tradisional terbesar di kota ini, di mana jumlah pengunjungnya sangat banyak.

"Kita juga terus mensosialisasikan pentingnya semua warga pasar untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, dari wajib pakai masker, jaga jarak juga selalu mencuci tangan pakai sabun," tuturnya.

Menurut dia, kesadaran warga pasar termasuk pedagang dan pengunjung pasar tradisional di daerah ini mulai tinggi untuk mentaati protokol kesehatan, apalagi, kasus positif COVID-19 di Kota Banjarmasin terus naik.

"Jadi kita sendiri sebagai pemangku tidak pernah lelah untuk mengingatkan pedagang dan pengunjung agar selalu mentaati protokol kesehatan," ujar Tezar.

Sejauh ini, kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin terpantau terus naik, bahkan data Satgas COVID-19 Provinsi Kalimantan Selatan, jumlah terkonfirmasi positif COVID-19 baru di Kota Banjarmasin pada hari ini sebanyak 85 orang hingga totalnya sampai saat ini sudah sebanyak 6.810 orang.

Untungnya naiknya kasus terkonfirmasi positif COVID-19 yang baru ini diimbangi tingginya pula kasus sembuh, yakni, pada hari ini sebanyak 78 orang hingga total sembuh sampai saat ini sebanyak 
5.923 orang.

Sedangkan jumlah yang meninggal dunia terkena virus Corona ini di Kota Banjarmasin sampai saat ini sudah sebanyak 192 orang.



 

Pewarta: Sukarli

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021