Pengurus Persatuan Tenis Lapangan Indonesia (Pelti) Cabang Tanah Laut, Kalimantan Selatan di bawah kepemimpinan H Endang Agustina kini menggelorakan pembinaan usia dini guna melahirkan bibit-bibit petenis potensial.

"Regenerasi atlet tenis di Tala harus berjalan, sehingga petenis usia muda wajib dimunculkan melalui pembinaan yang terkonsep betul," terang Ketua Pengkab Pelti Tala H Endang Agustina.

Salah satu langkahkah, Endang menginisiasi digelarnya latihan tenis yang diikuti anak-anak di lapangan tenis indoor Pemuda, Kota Pelaihari setiap Sabtu dan Minggu. Pelatihan berpengalaman menangani pemain muda juga didatangkan khusus. 

"Latihan ini gratis jadi silahkan datang saja bergabung bagi yang berminat. Yang penting anak bisa mencintai olahraga tenis dulu. Kalau sudah tumbuh rasa suka, selebihnya muncul keinginan untuk menggeluti," tuturnya.

Endang berharap dalam dua tahun kedepan, dapat lahir petenis kelompok umur yang bisa diandalkan Tanah Laut di kancah provinsi hingga nasional dari program pembinaan usia muda yang kini digelorakan.

Diakui pria yang menjabat Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Kalsel ini, untuk sekarang memang deretan atlet tenis di Bumi Tuntung Pandang sudah berumur dan minim petenis muda.

Sehingga penting menurutnya dikedepankan pembinaan usia dini guna melahirkan lebih banyak calon-calon petenis yang kedepannnya membawa nama harum daerah berkat torehan prestasi di cabang olahraga tenis.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tanah Laut Lutfiati Uyun mendukung penuh apa yang menjadi program pengurus Pelti di bawah komando Endang Agustina.

Bahkan Uyun siap memasukan cabang olahraga tenis lapangan dalam daftar Pusat Pendidikan Latihan Olahraga Pelajar Daerah (PPLOPD) Tanah Laut.

"Untuk tahun 2021 ini kan baru enam cabang olahraga yaitu taekwondo, karate, renang, atletik, pencak silat dan kempo. Kita usulkan nanti pada pembahasan lanjutan, tambahan tenis lapangan seiring semakin bergairahnya minat generasi muda terhadap olahraga ini," katanya.
Ketua Pengkab Pelti Tala H Endang Agustina. (ANTARA/Firman)


Endang Agustina memimpin Pelti Kabupaten Tanah Laut masa bakti 2020-2025 mempunyai misi dan visi membawa tenis lapangan sebagai olahraga yang dinikmati oleh kaum muda, sehingga regenerasi bisa bergulir dan lahir petenis yang bisa berlaga di kancah nasional bahkan duta bangsa di event internasional.

Melalui dukungan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah, Endang  juga ingin memberikan pelatihan kepada sertifikasi pelatih, sehingga tidak perlu adanya pelatih dari luar Tanah Laut.

Pewarta: Firman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021