Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Taruna Siaga Bencana (Tagana) yang ke-17, di Desa Durian Rabung, Kecamatan Padang Batung.

Bupati HSS H. Achmad Fikry, Rabu (24/3), mengatakan sangat mengapresiasi atas peran aktif Tagana HSS selama ini yang telah menjadi ujung tombak dalam membantu masyarakat saat terjadi bencana.

"Sejalan dengan tema HUT ke-17 Tagana kali ini karena peran aktif Tagana bersama multi pihak, bersinergi menjaga alam sangat diperlukan guna mencegah berbagai bencana di HSS," katanya, dalam sambutan.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan untuk korban kebakaran Pakan Dalam

Dijelaskan dia, kontribusi Tagana sangat besar dalam membantu masyarakat, baik itu saat bencana, perlindungan korban dimasa tanggap darurat hingga pendampingan pada saat pasca bencana.

Tak hanya menyampaikan terima kasih, ia juga mengungkapkan rasa bangganya kepada semua anggota Tagana HSS yang selalu cepat tanggap dalam menangani persoalan-persoalan bencana.

Tagana HSS yang selalu memberikan dukungan penuh untuk penanganan bencana, tidak saja di HSS, bahkan mampu bergerak di manapun bencana terjadi yang tidak mengenal batas wilayah, tidak mengenal ras agama dan suku, kapan pun dimanapun dan siapa pun yg membutuhkan, Tagana selalu siap.

"Kami berpesan agar Tagana turut menyadarkan masyarakat untuk kembali membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan, serta selalu siap menghadapi potensi bencana alam seperti Kebakaran hutan dan Lahan (Karhutla) yang bisa terjadi kapan saja," katanya.

Baca juga: 400 KK masih terendam di Kalumpang, bantuan papan dan balokan diserahkan

Puncak peringatan HUT Tagana ke-17 mengusung tema "Sinergi Bersama Multi Pihak Sukseskan Tagana Menjaga Alam”, turut dihadiri Dandim 1003 Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono, Kapolres HSS AKBP Siswoyo dan undangan lainnya.

Di lokasi Peringatan HUT Ke 17 Tagana ini Bupati HSS bersama Forkopimda beserta anggota Tagana juga melaksanakan penanaman pohon, dalam rangka pencegahan dan pengurangan resiko bencana.

Tagana HSS sendiri dalam peringatan Hut yang ke 17 ini telah banyak melaksanakan kegiatan, di antaranya bakti sosial, penanaman pohon serta pembersihan sampah di sungai dan bantaran sungai.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021