Kotabaru, (AntaranewsKalsel) - Forum Komunikasi Kerukunan Masyarakat Saijaan (FKKMS) Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, akan menyalurkan bantuan berupa uang tunai Rp33 juta untuk korban tanah longsor di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Ketua Forum Komunikasi Kerukunan Masyarakat Saijaan Kotabaru," kata H M Kesuma, Senin mengatakan, "Bantuan ini diperoleh dari sumbangan masyarakat dan sebagian besar PNS Pemkab Kotabaru.

Suma menjelaskan, dana bantuan tersebut akan diserahkan melalui Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kotabaru, untuk diteruskan ke Pemkab Banjarnegara di Jawa Tengah.

"Hal itu semata-mata untuk menghindari agar bantuan tersebut tepat sasaran dan sampai pada yang berhak menerimanya," tambahnya.

Bencana tanah longsor yang terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Banjarnegara, Jateng tersebut telah menelan puluhan korban jiwa.

Sebelumnya, FKKMS Kotabaru sebelumnya juga memberikan bantuan uang tunai dan penghargaan kepada nelayan yang menemukan jenazah korban dan puing-puing Pesawat Airasia QZ8501.

Sebanyak 13 orang nelayan yang mendapatkan penghargaan, terdiri dari, lima orang nelayan yang menemukan dua mayat tahap pertama, satu orang nelayan yang menemukan satu mayat tahap kedua, dan enam orang nelayan yang menemukan puing-puing Pesawat Airasia QZ8501 berupa moncong pesawat.

"Pemberian penghargaan dan bantuan uang tunai tersebut, untuk motivasi masyarakat Kotabaru, agar mau menolong setiap ada korban musibah," terang Suma yang enggan menyebutkan jumlah bantuan tunai.

Karena, lanjut Suma, masih ada masyarakat takut atau enggan memberikan pertolongan kepada korban musibah apapun, dengan alasan bermacam-macam.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015