Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melakukan pemilahan sampah di kantor dinas setempat sebagai bentuk dukungan dan partisipasi dalam menyukseskan gerakan pilah sampah dari rumah dan kantor yang digalakkan pemerintah daerah setempat.

Kepala Dinas Kominfo HSS Hj. Rahmawaty, di Kandangan, Jumat (19/3), mengatakan gerakan ini berdasarkan Surat Edaran HSS Nomor 660.1/323/DisperaKPLH tentang Gerakan Pilah Sampah dari rumah dan kantor di Kabupaten HSS.

"Karyawan dan karyawati di lingkup Dinas Kominfo HSS pagi tadi dengan penuh rasa antusias memilah dan mengelompokkan sampah-sampah yang ada di kantor sesuai dengan jenis dan kategorinya, seperti sampah kertas , sampah kardus, sampah plastik, koran bekas, botol kaca, hingga sampah organik," katanya.

Baca juga: RTH dan Taman Bermain Datu Abul Hasan Padang Batung diresmikan

Dijelaskan dia, sampah yang telah dipilah dan terkumpul di halaman kantor, Bank Sampah Induk (BSI) HSS kemudian melakukan pengambilan sampah terpilah tersebut.

Kemudian BSI menimbang dan menukar sampah terpilah tersebut dengan uang serta dicatat di Buku Tabungan Bank Sampah, dengan tujuan agar sampah terpilah tersebut dapat diolah dan dimanfaatkan kembali.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat agar ikut menyukseskan gerakan pemilihan sampah yang bernilai ekonomis, di mana hal ini dapat menambah pundi-pundi penghasilan di berbagai kalangan.

Baca juga: Bupati HSS lihat langsung tempat pemakaman terpadu

"Jadi, kami harapkan Gerakan Pilah Sampah ini selalu kita lakukan, karena hal ini dapat menguntungkan dari berbagai aspek. Di samping dapat mengatasi permasalahan sampah yang dapat mencemari lingkungan," katanya.

Selain itu, menurut dia gerakan ini akan mendatangkan pendapatan yang dapat bertambah, dengan adanya BSI HSS, yang siap untuk menerima sampah pilah tersebut untuk dimanfaatkan lebih lanjut.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021