Posyandu Keliling Kecamatan Pulau Laut Utara dan Kecamatan Pulau Laut Sigam mengadakan Pelatihan peningkatan kapasitas kader posyandu dan KPM Desa dalam pencegahan stunting berlangsung di Operation Room, Rabu.

Pelatihan yang dilaksanakan selama dua hari (17-18 Maret 2021) diikuti oleh 60 orang kader posyandu dari Kecamatan Pulau Laut Utara dan Kecamatan Pulau Laut Sigam dan menghadirkan dua orang narasumber yaitu Arya Nor Abdi, Kasi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kotabaru dan Susilo Bani selaku Tenaga Ahli Pelayanan Sosial Dasar P3MD Kemendesa Kabupaten Kotabaru.

Seremoni pembukaan dipimpin Asisten Perekonimian dan Pembangunan H Akhmad Rivai, didampingi CDEA PT Arutmin Indonesia NPLCT, Aldian Ninja Kartika serta Ketua Posyandu Keliling Kecamatan Pulau Laut Utara Hj Wahdiah.

Dalam sambutannya, Akhmad Rivai mengatakan, meningkatkan  kader posyandu sangat penting dan Pemerintah Daerah menyambut baik kegiatan ini dengan Mengutamakan Kesehatan ibu,bayi dan balita dalam pencegahan stunting.

"Meningkatkan kapasitas kader posyandu terkait pentingnya memenuhi nutrisi pada 1000 hari kehidupan pertama, dalam hal ini para kader diberikan pemahaman terkait pentinggnya 1000 hari  kehidupan pertama dalam mencengah stunting atau gagal tumbuh pada anak," katanya.

1000 hari kehidupan pertama dihitung mulai  dari kandungan hingga anak berusia 2 tahun.

Melalui kapasitas ini, lanjutnya, para kader diharapkan dapat memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya 1000 HPK,sehingga masyarakat memahami dan dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak untuk mencegah stunting.

"Pada masa pandemi covod-19 ini, para kader posyandu diharapkan mengikuti protol kesehatan saat melakukan kegiatan yang berhubungan langsung dengan masyarakat," pungkasnya.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021