Pihak Polresta Banjarmasin bersama tim gabungan TNI, Satpol PP dan Dishub berencana akan melakukan rapid tes antigen kepada para pengunjung dan karyawan Tempat Hiburan Malam (THM) serta cafe-cefe umum di kota setempat.

"Memang benar, kami sudah siapkan rencana itu pada saat PPKM di kota ini diperpanjang untuk mencengah penyebaran dan penularan COVID-19," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rqchmat Hendrawan di Banjarmasjn, Senin.

Dikatakannya, permintaan pelaksanaan rapid tes antigen terhadap masyarakat itu sudah diusulkan kepada Plt Gubernur Kalsel.

"Paling dalam minggu-minggu ini pelaksanaan antigen terhadap pengunjung dan karyawan THM serta cafe akan dilaksanakan," ujar orang nomor satu dijajaran Polresta Banjarmasjn itu.

Terus dikatakannya, apabila nanti saat dilakukan rapid tes antigen terhadap para pengunjung dan karyawan THM dan cafe ada yanh kedapatan positif maka langsung disuruh menjalani isolasi mendiri di rumah.

"Kami akan hubungi pihak keluarganya dan memberitahukan kalau si pengunjung positif setelah di antigen dan harus menjalani isolasi mandiri," kata perwira menengah Polri itu.

Kapolresta Banjarmasin juga menegaskan, apabila mereka yang positif antigen di THM dan di cafe tidak menjalani isolasi mandiri dengan baik maka akan dijemput dan menjalani karantina pemerintah.

"Kami melakukan hal ini untuk mencegah dan menekan angka penyebaran dan penularan COVID-19 di kota seribu sungai ini," tutur perwira alumni Akabri 1995 itu.

Kombes Pol Rachmat terus mengatakan saat ini orang yang positif COVID-19 di kota ini meningkat sekitar 200 orang lebih dan Tim Satgas COVID-19 akan terus bekerja memberikan sosialisasi dan melakukan penindakan terhadap para pelanggar protokol kesehatan.

 

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021