Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, Zairullah Azhar membuka dan membahas kegiatan Musyawarah Rencana Pembagunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) periode 2022 yang digelar oleh dua Kecamatan yakni Kecamatan Kusan Hulu dan Kecamatan Kuranji.

Adapun Tema dari kegiatan musrenbang RKPD Tahun 2022 yakni “memantapkan sumber daya manusia yang produktif berakhlah mulia untuk penguatan pemulihan ekonomi dan pembangunan”.

"Musrenbang RKPD 2022 ini tetntunya harus lebih mengedepankan usulan-usulan yang lebih prioritas untuk ditangani," kata Zairullah, di Batulicin Jum'at.

Dia mengatakan, musrenbang kecamatan merupakan rangkaian dari proses penyusunan secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan potensi, serta permasalahan yang dihadapi dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Bukan hanya itu, kegiatan ini bertujuan membahas menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan RKPD pemerintah daerah guna menghasilkan komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah daerah dengan masyarakat dalam mewujudkan kualitas perencanaan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.

"Untuk itu, masyarakat dikecamatan Kusan Hulu dan kecamatan Kuranji harus memanfaatkan kesempatan ini sebagai wahana untuk menyampaikan aspirasi, sehingga akan menghasilkan usulan program kegiatan yang realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu Camat Kusan Hulu, Herlambang menambahkan, usulan prioritas di kecamatan tersebut adalah pembangunan Aula Kantor Camat Kusan Hulu dan beberapa infrastruktur lainnya yang ada di desa Guntung, Tapus,Hatiif dan Tamunih.

"Desa tersebut belum ada pencapaian infrastruktur yang maksimal. Bukan hanya itu, delapan desa lain di kecamatn tersebut masih kerap terkena banjir saat musim hujan datang, sehingga perlu adanya pembenahan infrastruktur yang lebih memadai," pungkas Herlambang.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021